Merasa Berdosa Besar


Oleh : KH Ali Mustafa Yaqub

Waktu masih pacaran dulu, siang hari di bulan suci Ramadahn kami berdua bermesraan dengan kekasih sampai basah, walaupun tidak sampai berhubungan badan.

Namun setelah kejadian tersebut saya merasa berdosa besar, dan mendapat musibah dihipnotis orang. Perhiasan dan uang yang nilainya jutaan rupiah ludes. Apakah itu merupakan balasan bagi orang yang bermaksiat / zina di bulan Ramadhan ? Apakah itu sebagai pengganti nilai puasa saya ? Mohon penjelasannya Ustadz. Terima kasih.

Lastri, Indramayu, Jawa Barat

Jawaban :

Orang yang melakukan hubungan intim pada siang hari di bulan Ramadhan, apabila ia suami istri, maka dia mendapatkan hukuman yang berat, yaitu berpuasa selama 60 hari berturut-turut. Apabila ia bukan suami istri, maka ia berarti zina, hukumannya di samping tersebut tadi, ia dicambuk 100 kali apabila belum pernah menikah, dan apabila sudah pernah menikah , maka hukumannya rajam, yaitu dilempari batu sampai mati.

Musibah yang menimpa mba Lastri seperti tersebut di atas tidak selamanya merupakan balasan bagi orang yang bermaksiat atau berzina pada bulan Ramadhan. Musibah itu juga bukan sebagai pengganti nilai puasa orang yang bermaksiat. Karena seperti kami sebutkan tadi, hukuman bagi pelaku zina atau suami istri yang berhubungan seksual pada siang hari bulan Ramadhan sudah ada ketentuannya.

Sumber : Konsultasi Ramadhan, Republika, Kamis, 12 Agustus 2010  /  2 Ramadhan 1431 H

ΩΩΩ

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Ali Mustafa Yaqub, Fiqih, Puasa, Ramadhan and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Merasa Berdosa Besar

  1. Marno says:

    Kalo brhbungan d malm hari dosanya sama tidak dengan siang hri. Saya pernah berpacaran dengan memeluknya dan menciumnya tpi tidak trus menurus. Cuma skedar mesra2 an smpai basah. Dosanya sbesar apa. Saya mlakukan itu hnya skali d bulan ramadhan ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s