Hanya Menghapus Dosa Kecil


Oleh : KH Achmad Satori Ismail

Saya dengar ceramah tarhib di masjid. Kata penceramah, Ramadhan hanya menghapus dosa kecil, tidak yang besar. Bagaimana dengan ajaran di Syawal kita kembali ke fitrah ?

Mutasim Billah, 6281387870xxx

Jawaban :

Dalam sebuah hadis disebutkan, Rasulullah bersabda,”Shalat lima waktu, Jumat ke Jumat lainnya, dan dari Ramadhan ke Ramadhan lain adalh penghapus dosa bila menjauhi dosa-dosa besar.” ( HR Muslim, Juz 2 hlm 23 ). Dosa-dosa kecil secara otomatis terhapus bila kita selalu menegakkan shalat, menunaikan ibadah puasa, berbuat baik dan berakhlak baik terhadap orang lain.

Kalau orang yang berpuasa meminta ampun atas dosa-dosa besar dengan taubatan nashuha , Allah pasti akan mengampuninya. Taubatan nashuha adalah taubat yang memenuhi 3 syarat : menyesali dosanya, meminta ampun, dan berjanji tidak akan mengulangi dosanya. Bila dosa berhubungan dengan hak orang lain, maka harus mengembalikan hak itu.

Kita kembali kepada fitrah, maksudnya kita bersih dari dosa bila kita melakukan semua kewajiban puasa dan telah bertaubat kepada Allah dengan taubatan nashuha. Oleh sebab itu Ramadhan sekarang ini kita harus optimalkan untuk beribadah dan bertaubat. Wallahu a’lam.■

Sumber : Konsultasi Ramadhan, Republika, Kamis, 20 September 2007  / 8  Ramadhan 1428 H

Judul dari Admin

ΩΩΩ

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Achmad Satori Ismail, Fiqih, Puasa, Ramadhan and tagged , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s