Tubektomi


Oleh : Ustadz Bachtiar Nasir

Ustadz, saat istri saya melahirkan anak kami yang keempat dengan operasi sesar, sekaligus dilakukan tubektomi oleh dokter ahli kandungan. Alasan tubektomi ialah agar kami tidak mempunyai anak lagi, namun dari fatwa MUI ternyata tubektomi diharamkan. Apa yang harus kami lakukan? Mohon penjelasan.

Israr, Padang

Jawaban :

Hukum tubektomi ( steril ) dan vasektomi boleh dilakukan jika kelahiran anak dapat mengancam keselamatan ibu hingga ke tingkat kematian. Hukum kebolehan jenis KB permanen seperti ini tetap boleh dipertahankan selama alasan hukumnya ( illat ) masih ada. Sebaliknya, jika illat sudah tidak ada lagi, dengan sendirinya gugurlah keabsahan hukum itu.

Jika niat awal istri Anda melakukan tubektomi semata-mata karena tidak ingin mempunyai anak lagi dan tidak adanya kondisi darurat, hal itu merupakan tubektomi yang diharamkan dalam syariat Islam. Namun, jika kondisinya saat itu adalah darurat sehingga terpaksa melakukan tubektomi dan kondisi sekarang telah memungkinkan kembali bagi istri Anda untuk melahirkan, lebih baik membukanya ( rekanalisasi ). Namun, jika tindakan operasi sesar ini adalah untuk kelahiran yang ketiga atau keempat kalinya dan jika dibuka dapat mengancam kematian si ibu, biarkan saja tertutup. Semoga Allah mengampuni kekeliruan kita.

Wallahu a’lam bish shawab.

Sumber : Konsultasi Agama, Republika, Sabtu, 9 Juli 2011 / 7 Syaban 1432

ΩΩΩ

Entri Terakhir :

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Bachtiar Nasir, Fiqih, Keluarga and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s