Hukum dan Hikmah Akikah


Oleh : Ustadz Bachtiar Nasir

Ustadz, sebenarnya hukum akikah itu bagaimana? Mohon penjelasan. Terima kasih.

Ridho, Jakarta

Jawaban :

Akikah atau nasikah atau dzabihah adalah hewan yang disembelih karena kelahiran seorang anak sebagai ungkapan syukur kepada Allah SWT pada waktu dan dengan cara yang khusus. Menurut Syafiiyah dan Hanabilah, hukumnya sunah muakkadah dan hal ini dikerjakan oleh Rasulullah SAW dan para sahabat. Diriwayatkan, Rasulullah SAW berakikah untuk Hasan dan Husein, masing-masing dengan dua ekor kambing gibas.

Hikmah disyariatkannya akikah adalah sebagai ungkapan syukur seorang hamba kepada Allah di hadapan khalayak dan mengumumkan nasab anak yang baru lahir itu.

Rasulullah SAW berkata, “Setiap anak tergadaikan dengan akikahnya, disembelihkan untuknya pada hari ketujuhnya, dicukur rambutnya, dan diberi nama.” (HR Abu Dawud – 2455).

Pada hari ketujuh atau kelipatannya, untuk bayi laki-laki, disembelihkan dua ekor kambing dan untuk wanita, satu ekor kambing dengan kriteria seperti kambing kurban. Penyembelihan kambing pada hari ketujuh dilakukan jika memungkinkan, tetapi jika tidak, boleh pada hari ke-14 atau ke-21 dari hari kelahiran. Namun, apabila kesulitan, hari apa saja boleh dilakukan. Pada hari penyelenggaraan akikah, disunahkan pula mengumumkan nama si bayi dan mencukur rambutnya. Wallahu a’lam bis shawab.

Sumber : Konsultasi Agama, Republika, Jumat, 8 Juli  2011 / 6 Syaban 1432

Judul asli : Hukum Akikah

ΩΩΩ

Entri Terakhir :

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Bachtiar Nasir, Fiqih, Keluarga and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Hukum dan Hikmah Akikah

  1. Jundi Abdillah says:

    Hikmah aqiqahnya gk lengkap. Dan tdak terjabarkan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s