Syarat Menikahi Wanita Non-Muslim


Oleh : Ustadz Bachtiar Nasir

Pak Ustadz, saya tahu kalau menikah dengan wanita ahlul kitab itu dibolehkan bagi pria Muslim. Namun, rasanya sangat sulit membangun keluarga yang sakinah mawaddah wa rahmah jika istri adalah orang yang tidak seagama. Mohon penjelasan, kapan kebolehan itu bisa dibenarkan menurut Islam?

Nurjaya, Kudus

Jawaban :

Disyariatkannya lembaga pernikahan dalam Islam adalah demi menyempurnakan ketakwaan individu menjadi ketakwaan bersama antara keluarga inti dalam rumah tangga hingga keluarga besar. Dan, di antara misi pernikahan yang menginginkan rumahku adalah surgaku adalah membentengi diri dan seluruh keluarga dari siksa neraka. ( QS at-Tahrim [66] : 6 ).

Tidak semua laki-laki Muslim punya kompetensi untuk menikah dengan wanita non-Muslim, mengingat kentalnya misi tauhid dan ketakwaan dalam membangun rumah tangga, bukan sekadar kepentingan biologis atau hasrat ingin berpasangan semata sehingga seorang Muslim menikahi wanita non-Muslim dari kalangan kitabiyah ( Yahudi atau Nasrani ).

Juga ada syarat-syarat lain yang harus dipenuhi, di antaranya adalah kejelasan ‘niat’ dalam membangun keluarga bertakwa. Suami harus berupaya keras menjadi perantara hidayah Allah bagi istrinya, untuk mengislamkan istrinya. Selain itu, pria Muslim harus mengukur kemampuan dirinya dalam mengarungi bahtera rumah tangga, dan lainnya.

Pada hakikatnya, tidak semua laki-laki boleh menikahi wanita non-Muslim mengingat beratnya perjalanan berumah tangga dengan orang yang berbeda jalan hidup. Wallahu a’lam bish shawab. .

Sumber : Konsultasi Agama, Republika, Rabu, 6  Juli  2011 /  4 Syaban 1432

ΩΩΩ

Entri Terakhir :

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Bachtiar Nasir, Fiqih, Pernikahan and tagged , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s