Pembagian Harta Waris untuk Istri dan Putra-Putrinya


Oleh : Ustadz Bachtiar Nasir

Ustadz, saya ingin menanyakan tentang pembagian warisan. Bapak saya sudah meninggal dengan meninggalkan ahli waris: istri, empat anak laki-laki, dan enam anak perempuan. Bagaimana perhitungan pembagian harta warisan bapak saya? Atas bantuan Ustadz, saya ucapkan terima kasih.

H Abdullah Landa

Jawaban :

Sebelum harta warisan dibagikan, perhatikan dulu beberapa hal berikut.

  1. Inventarisasi terlebih dahulu tiga jenis harta almarhum, yakni harta bawaan sebelum menikah, harta dapatan selama menikah yang bukan milik bersama, dan harta milik bersama ( suami–istri ).
  2. Pada harta bersama pisahkan dulu bagian milik istri yang tidak termasuk harta warisan.
  3. Tunaikan zakat jika semasa hidup almarhum belum membayarkan zakat hartanya.

Dahulukan wasiat dan membayar utang almarhum.

Selanjutnya, pembagian hak waris dalam kasus Anda, istri mendapatkan 1/8 bagian karena almarhum mempunyai keturunan ( firman Allah dalam QS: An-Nisa [4] : 12 ). Anak-anak mendapatkan seluruh sisanya, dengan perbandingan setiap anak laki-laki mendapatkan dua kali bagian perempuan ( firman Allah dalam QS: An-Nisa [4] : 11 ). Berikut penjelasannya.

Misalkan harta waris sebesar Rp 8 miliar, bagian istri: 1/8 x Rp 8 miliar = Rp 1 miliar. Sisa dari bagian istri: Rp 8 miliar – Rp 1 miliar = Rp 7 miliar ( untuk anak-anak ).

Jumlah anak laki-laki adalah 4 orang x 2 bagian = 8 bagian, ditambah jumlah anak perempuan adalah 6 orang x 1 bagian = 6 bagian ( 8 bagian + 6 bagian = 14 bagian ). Bagian setiap anak laki-laki adalah = 2/14 x Rp 7 miliar = Rp 1 miliar, sedangkan bagian setiap anak perempuan adalah 1/14 x Rp 7 miliar = Rp 500 juta. Wallahu a’lam bish-shawab.

Sumber : Konsultasi Agama, Republika, Senin, 23 Mei  2011 / 19 Jumadil Akhir 1432

Judul asli : Pembagian Harta Waris

ΩΩΩ

Entri Terakhir :


About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Bachtiar Nasir, Fiqih, Waris and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Pembagian Harta Waris untuk Istri dan Putra-Putrinya

  1. intan permatasari says:

    assalamualaikum pak..
    saya nanya, pembagian warisan yang benar. bapak saya sudah meninggal 7 thn yg lalu, alhamdulillah bulan kemarin bapak saya mendapatkan pembagian warisan dari penjualan rumah orang tua bapak saya senilai 50jt. alm. bapak saya meninggalkan 1 istri, 2 putra, 2 putri, pertanyaannya siapa yang berhak, dan bagaimana yang benar?
    terima kasih pak..
    wassalamualaikum wr. wb

  2. hamba allah says:

    Assalamualaikun pak ustad..
    Saya ingin bertanya, ayah saya sudah meninggal 2 thn lalu, ibu saya masih hidup, kami 2 bersaudara 1 lelaki dan 1 perempuan. skrg ibu saya berencana ingin menikah lg karna kami tidak setuju dgn calon suami barunya maka kami ingin membagikan warisan ayah agar tidak disalahgunakan. Mohon dibantu petunjuk pembagian nya pak ustad, terimakasih

Leave a Reply

