Bagian Waris Saudara Laki-Laki Kandung


Oleh : Ustadz Bachtiar Nasir

Ustadz, saya mempunyai seorang saudara perempuan berusia 67 tahun. Pada saat dia berusia 23 tahun, suaminya ( 27 tahun ) meninggal dunia dan meninggalkan seorang anak perempuan. Karena usianya masih sangat muda, dia tidak meninggalkan harta apa pun selain uang pensiun bulanan.

Atas fasilitas yang diberikan instansi di mana suaminya bekerja, saudara saya bisa mencicil sebuah rumah. Dia tak pernah menikah lagi dan membesarkan anaknya seorang diri. Sekitar 10 tahun lalu, rumah itu dijual, lalu dia membeli lagi yang lebih kecil dengan harapan ada kelebihan uang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Yang ingin saya tanyakan, apakah pantas kalau saudara kandung suaminya menuntut bagian dari hasil penjualan rumahnya? Mengingat yang ditinggalkan oleh almarhum suaminya bukan berupa harta warisan, melainkan hanya uang pensiun bulanan. Terima kasih atas jawabannya.

Hamba Allah, Jakarta.

Jawaban :

Dalam syariat waris, tentu pantas jika saudara kandung menuntut haknya dengan pertimbangan:

  1. Karena dalam syariat waris harta peninggalan ( tirkah ) adalah milik dan titipan Allah SWT  yang ditinggalkan almarhum, baik harta yang berwujud ( tangible asset ), seperti tanah, bangunan, dan kendaraan, atau harta tidak berwujud ( intangible asset ), seperti good will atau jasa baik, hak cipta, merek dagang. Ataupun berbentuk surat-surat berharga, deposito, saham, dan dana pensiun. Oleh karena itu, dana pensiun tersebut dimiliki juga oleh para ahli waris dan bukan mutlak hanya milik istri.
  2. Alasan saudara lelaki almarhum mendapat hak waris adalah karena almarhum tidak memiliki anak laki-laki yang diharapkan menjadi wali penopang ekonomi dan kehidupan bagi ibu dan saudara perempuannya. Karenanya, saudara kandung almarhum yang mendapatkan hak juga terbebani kewajiban menafkahi dan menjaga ipar ( janda ) dan keponakan ( yatim ) dari saudara kandungnya itu. Adalah kezaliman apabila saudara kandung lelaki almarhum hanya mengambil hak tanpa menjalankan kewajiban terhadap ipar dan keponakannya.

Merujuk pada kasus di atas, ahli waris dari almarhum adalah istri, anak perempuan, dan saudara laki-laki kandung. Dengan rincian, istri mendapatkan 1/8 ( QS an-Nisa:12 ), anak perempuan 1/2 ( QS an-Nisa:11 ), sedangkan sisanya untuk saudara laki-laki kandung ( QS an-Nisa:176 ).

Ahli waris

Bagian

8

Keterangan

Istri

1/8

1

1/8 x harta waris
Anak perempuan

1/2

4

4/8 x harta waris
Sdr laki-laki kandung

Sisa

3

3/8 x harta waris

Wallahu a’lam bish-shawab.

Sumber : Konsultasi Agama, Republika, Senin, 13 Juni  2011 / 11 Rajab 1432

 

ΩΩΩ

Entri Terakhir :

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Bachtiar Nasir, Fiqih, Waris and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

3 Responses to Bagian Waris Saudara Laki-Laki Kandung

  1. ryan f says:

    Ass.wrb Ustadz mohon pencerahannya.
    Saya anak tertua dari 4 bersaudara yg bungsu(sdh menikah &pnya anak).masalahnya bgni pak.Bapak saya Adlh angg.TNI(sdh pensiun dini)stlh bercerai dgn ibu saya kandung bapak saya kawin lg.saya dan adik dr kecil hidup dgn ibu tiri.2009 ibu tiri saya wafat.peninggalannya brp rumah kami yg mrk bangun dulu.skrg Bapak kawin lg dgn janda anak 3.nah istri barunya ini sll menyuruh bapak agr menjual rumah kami itu.jg ingin menguasai uang pensiun bapak itu.bgmn hukumnya pak ustadz.trima ksh bnyak.wssalm..nikah &pnya anak).masalahnya bgni pak.Bapak saya Adlh angg.TNI(sdh pensiun dini)stlh bercerai dgn ibu saya kandung bapak saya kawin lg.saya dan adik dr kecil hidup dgn ibu tiri.2009 ibu tiri saya wafat.peninggalannya brp rumah kami yg mrk bangun dulu.skrg Bapak kawin lg dgn janda anak 3.nah istri barunya ini sll menyuruh bapak agr menjual rumah kami itu.jg ingin menguasai uang pensiun bapak itu.bgmn hukumnya pak ustadz.trima ksh bnyak.wssalm..

  2. sa'adah says:

    asss
    aku mau nanya berapakah hasil warisan dari anak laki-laki saudara sekandung dan seorang anak perempuan dan seorang isteri dan berapa bagian yang didapatkannya?

  3. Nunik says:

    Ass. Mau tanya. Ustad kedua orang tua angkat saya telah meninggal dunia dan meninggalkan warisan kepada saya. Orang tua angkat saya ini tidak mempunyai anak kandung dan saya adalah anak angkat yg di sahkan oleh pengadilan untuk menjadi anak dari mereka. Pada kasus ini adik kandung laki laki dari ibu angkat saya meminta bagian warisan. Mohon penjelasan ustad untuk pembagian warisan ini. Terima kasih.

Leave a Reply

