Imam Masbuk


Oleh : Ustadz Bachtiar Nasir

Ustadz, jika ada makmum masbuk lebih dari satu orang, ketika imam selesai, apakah di antara makmum tadi mengangkat salah satu di antara mereka menjadi imam ataukah melanjutkan shalat sendiri-sendiri? Mohon penjelasan. Jazakumullah.

Abdul Karim , Jakarta

Jawaban :

Saya juga sering mendapati saudara-saudara saya yang menjadikan salah seorang dari sesama masbuk sebagai imam mereka seusai imam pertama mengucapkan salam. Namun, sejujurnya saya belum tahu dalil yang sahih dari Rasulullah SAW mengenai hal ini.

Berikut ini dalil-dalil umum tentang shalat masbuk dan kaitannya dengan pahala berjamaah. Dari Ibnu Umar, Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa mendapatkan satu rakaat dari shalat Jumat atau selainnya, maka dia telah mendapatkan shalat.” ( HR Ibnu Majah-113 ).

Hadis di atas menjelaskan bahwa barang siapa mendapatkan satu rakaat saja pada shalat Jumat dan shalat lainnya, maka dianggap sudah melakukan shalat berjamaah. Diriwayatkan dari Abu Hurairah RA bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa mendapat satu rakaat bersama imam berarti ia telah mendapat shalat jamaah.” (Muttafaqun ‘alaihi).

Pada hadis yang kedua dijelaskan dengan terang bahwa barang siapa mendapat walau satu rakaat saja bersama imam, maka dia dianggap telah melaksanakan shalat berjamaah. Wallahu a’lam bish-shawab.

Sumber : Konsultasi Agama, Republika, Jumat, 17  Juni  2011 / 15 Rajab 1432

ΩΩΩ

 Entri Terakhir :

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Bachtiar Nasir, Fiqih, Shalat and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s