Hadis Shalat Sunah


Oleh : Ustadz Bachtiar Nasir

Ustadz,ada sebuah hadis: “Sesungguhnya sebaik-baiknya shalat seseorang adalah di rumahnya, kecuali shalat wajib.” ( Muttafaqun ‘alaih ). Yang dimaksud oleh hadis itu apakah juga termasuk shalat sunah rawatib?

Nurul, Jakarta

Jawaban :

Secara umum hadis riwayat Bukhari dan Muslim berikut menjelaskan tentang keutamaan shalat sunah rawatib di rumah. Menafsirkan hadis tersebut, sebagian ulama mengatakan bahwa hadis ini dapat digunakan jika jarak rumah dengan masjid mencukupi bagi seseorang untuk mendapatkan shalat jamaah di masjid, namun apabila shalat rawatib di rumah menyebabkan tertinggalnya shalat jamaah maka shalat sunah rawatib di masjid lebih afdal karena mendahulukan kewajiban shalat berjamaah.

Dari Zaid bin Tsabit, bahwa Rasulullah SAW membuat satu ruangan. Busr berkata, “Aku menduga Zaid bin Tsabit berkata, ‘Membuat tikar pada bulan Ramadan, lalu beliau melaksakan shalat malam ( di kamar atau tikar) dalam beberapa malam. Kemudian para sahabat mengikuti shalat beliau. Ketika mengetahui apa yang mereka lakukan, beliau pun berdiam di rumah, setelah itu beliau keluar seraya berkata kepada mereka, ‘Sungguh aku telah mengetahui sebagaimana aku lihat apa yang kalian lakukan. Wahai manusia, shalatlah kalian di rumah-rumah kalian, sesungguhnya shalat yang paling utama adalah shalatnya seseorang yang dilakukan di rumahnya, kecuali shalat fardlu. ( HR Bukhari-689 ). Wallahu a’lam bish shawab.

Sumber : Konsultasi Agama, Republika, Kamis, 9 Juni  2011 / 7 Rajab 1432

 ΩΩΩ

Entri Terakhir :

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Bachtiar Nasir, Fiqih, Hadis, Shalat and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s