Tarekat yang Diperbolehkan


Oleh : M Quraish Shihab

Saya pernah diajak ke suatu perkumpulan yang membahas masalah keagamaan, terutama tafsir Al-Quran. Pembahasan yang dibawakan mengarah kepada tasawuf.

Untuk menjadi anggota, mereka harus dibaiat, membayar mahar, dan ada sesuatu yang rahasia sekali, sampai-sampai tidak boleh orang lain yang belum menjadi anggotanya tahu, walaupun suami / istri, pernah juga dikatakan menjalankan syariat sudah bagus, tapi tidak akan samai ke ajalinya.

Perkumpulan mereka adalah perkumpulan ma’rifat. Bagaimana tanggapan Bapak atas ini ? Terima kasih

romantis_rss@yahoo.com
Bogor

Jawaban :

Para ulama merumuskan bahwa tarekat ada dua macam. Yaitu, Mu’tabarah, yang ini baik lagi dapat diikuti , dan Ghairu Mu’tabarah, yang ini harus dihindari. Salah satu pembedanya adalah pengamalan syariat secara benar.

Dalam syariat tidak ada hal yang rahasia. Karena itu bila perkumpulan tersebut mengajarkan sesuatu yang bersifat rahasia sampai-sampai istri / suami pun tidak boleh tahu, maka itu menimbulkan tanda tanya besar.

Masuk pada perkumpulan keagamaan dengan membayar mahar tidak dikenal dalam ajaran Islam. Mahar adalah mas kawin yang diberikan suami kepada istrinya. Pembaiatan pun harus dilihat apa kandungannya. Karena itu sekali lagi perlu berhati-hati sebelum masuk walau saya belum dapat memastikan – karena terbatasnya informasi Anda – apakah perkumpulan itu termasuk dalam thariqat mu’tabarah atau tidak.

Demikian. Wa Allah a’lam

Sumber : Quraish Shihab Menjawab ,  Dialog Jumat, Republika, Jumat, 6 Februari 2004 /  15 Dzulhijjah 1424 H

ΩΩΩ

Entri Terakhir :

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Akhlak, M.Quraish Shihab and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s