Shalat Sunah Rawatib


Oleh : Ustadz Bachtiar Nasir

Ustadz, saya ingin bertanya tentang shalat sunah. Ada sebuah hadis: “Sesungguhnya sebaik-baiknya shalat seseorang adalah di rumahnya, kecuali shalat wajib.” ( Muttafaqun ‘alaih ). Yang dimaksud oleh hadis itu apakah juga termasuk shalat sunah rawatib? Terima kasih.

— Muhammad Djaudan, Jakarta

Jawaban :

Hadis yang diriwayatkan oleh Imam al-Bukhari dan Imam Muslim itu seperti yang dikatakan Imam an-Nawawi dan Imam as-Suyuthi mencakup semua shalat sunah, baik shalat sunah mutlak maupun shalat sunah rawatib, tetapi tidak mencakup shalat sunah yang memang disyariatkan untuk dilakukan secara berjamaah, seperti shalat Id, istisqa’, shalat kusuf ( shalat yang dilakukan ketika ada gerhana matahari atau bulan ), atau tarawih, dan juga shalat yang hanya disyariatkan di dalam masjid seperti shalat tahiyatul masjid.

Nabi Muhammad SAW menganjurkan shalat sunah di dalam rumah dikarenakan bisa manjauhkan dari sifat riya, dan juga supaya rumahnya menjadi berkah dengan ditempati shalat. Juga supaya rahmat Allah dan juga malaikat turun ke rumah tersebut. Hal tersebut sebagaimana hadis yang diriwayatkan Imam Muslim (No 1.858) : “Sesungguhnya Allah menjadikan kebaikan di dalam rumah seseorang karena di dalamnya didirikan shalat”.

Dalam riwayat Muslim juga ditegaskan bahwa Rasulullah SAW melakukan shalat sunah rawatib di rumah. Wallahu a’lam bish-shawab.

Sumber : Konsultasi Agama, Republika, Sabtu, 30 April  2011 / 26 Jumadil Awal 1432

■ Bachtiar Nasir, Lc. , Pimpinan Pusat Ar-Rahman Quranic Learning Center ( AQL ); Alumnus Madinah Islamic University, Saudi Arabia
Pic © http://v4.e-arrahman.com

 ΩΩΩ

Entri Terakhir :

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Bachtiar Nasir, Fiqih, Shalat and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s