Zakat untuk Keluarga


Oleh : M Amin Suma

Saya mempunyai kakak kandung berusia 36 tahun sudah berkeluarga dan punya satu anak. Dia tidak punya pekerjaan dan bisa dikatakan pengangguran. Pada saat menikah, dia pun pengangguran, tetapi suka bantu orang tua di rumah jaga warung kecil-kecilan. Bolehkah zakat penghasilan saya diserahkan padanya sebagai modal usaha agar mandiri? Dan, berapa maksimalnya? Juga, bolehkah beberapa bagian saya serahkan untuk guru sekolah TK anak saya dan bagaimana ijab kabulnya? Karena harus dibayarkan ke sekolah untuk para guru sebagai hadiah Lebaran.

Zaini, Depok

Jawaban:

Kakak kandung yang kehidupannya sehari-harinya bukan menjadi tanggung jawab kita langsung yang kebetulan benar-benar miskin, maka zakat boleh diserahkan kepadanya. Apalagi zakat yang bersifat produktif untuk melakukan kegiatan usaha yang akan menyebabkan yang bersangkutan menjadi mandiri dan memiliki penghasilan yang tetap. Tentu saja Anda mempunyai kewajiban untuk memantau kegiatan usahanya, sehingga yang bersangkutan memiliki tanggung jawab dalam melakukan kegiatan usahanya tersebut.

Mudah-mudahan dalam kurun waktu yang tidak terlalu lama, dia sudah tidak lagi menjadi mustahik, sehingga zakat Anda bisa diberikan untuk para mustahik lainnya.

Adapun guru sekolah yang berpenghasilan kecil atau rendah yang tidak mencukupi kebutuhan hidupnya, sehingga termasuk kategori fakir miskin, maka zakat boleh diserahkan kepadanya. Yang harus diingat, zakat jangan diubah menjadi hadiah Lebaran. Adapun hadiah Lebaran bisa diberikan dari infak / sedekah.

Sumber : Konsultasi  Zakat, Republika, Rabu,  25 Agustus 2010   / 15 Ramadhan 1431

ΩΩΩ

Entri Terkait :

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in M. Amin Suma, Zakat, Infak, Sedekah dan Wakaf and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s