Zakat Bekerja di Tambang


Oleh : M Amin Suma

Saya bekerja di salah satu perusahaan pertambangan. Ada perasaan bersalah pada diri saya karena perusahaan tersebut merusak lingkungan setelah  mengambil hasil tambang dari suatu daerah. Meskipun ada program sosial dari perusahaan untuk membantu warga sekitar dengan memberikan bantuan kesehatan, keterampilan, dan bantuan usaha, apakah saya harus mengeluarkan zakat yang saya peroleh dari perusahaan itu ? Bagaimana hukumnya apabila bekerja di perusahaan seperti itu ?

Aryani,  Kalimantan Timur

Jawaban:

Memang banyak perusahaan, baik industri pertambangan maupun lainnya, ketika melakukan kegiatan usahanya tidak memperhatikan lingkungan sehingga lingkungan rusak. Ini merupakan perbuatan tercela dan harus dicegah.

Perbuatan tersebut dalam pandangan ajaran Islam disebut al-ifsaad  ( perbuatan merusak ) sebagaimana digambarkan dalam firman-Nya, QS 30: 41 dan QS 28: 77. Tugas Anda sebagai karyawan harus memberikan masukan kepada pimpinan supaya meminimalisasi kerusakan tersebut. Selama Anda masih bisa memperbaiki kondisi perusahaan, silakan perbaiki, tetapi jika tidak, Anda bisa mencari alternatif pekerjaan lain yang lebih maslahat.

Adapun mengenai zakat, jika gaji Anda melebihi / mencapai nisab (sama dengan nisab pertanian, senilai 653 kg gabah ), keluarkan zakatnya 2,5 persen.

 

Sumber : Konsultasi  Zakat, Republika, Selasa, 7 September  2010 / 28 Ramadhan 1431

 ΩΩΩ

Entri Terakhir :

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in M. Amin Suma, Zakat, Infak, Sedekah dan Wakaf and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

4 Responses to Zakat Bekerja di Tambang

  1. brur says:

    asslm.. Syasa suka membaca tausiah2nya terimakasih wasslm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s