Membagikan Sedekah Tetapi Sampai Timbulkan Korban


Oleh : KH Agus Syihabudin

Belum lama ini berbagai media massa memberitakan adanya orang yang membagikan sedekah kepada ratusan atau mungkin ribuan fakir miskin, tetapi kemudian menimbulkan korban jiwa. Padahal, nilai sedekah yang dibagikan tiap orang itu tidak seberapa. Mengapa sedekah harus harus dilakukan dengan cara-cara terbuka seperti itu ? Apakah menurut ajaran Islam boleh bersedekah secara terbuka ? Terima kasih. ( Davin, Jln. Cimanuk, Garut )

Jawaban :

Bapak Davin, semoga Allah merahmati. Lepas dari persoalan musibah yang meminta korban seperti yang banyak diberitakan, sikap kedermawanan yang dilakukan melalui pembagian sedekah kepada masyarakat miskin seperti yang dilakukan oleh satu keluarga di Jakarta itu atau di tempat lain, perlu diteladani oleh kita. Sebagai bangsa yang sedang diuji dengan badai ekonomi, kesenjangan antara kaum kaya dan lemah semakin hari semikin menganga lebar.

Fenomena ribuan orang menyerbu rumah tempat tinggal si dermawan yang datang dari berbagai tempat yang cukup jauh itu, hanyalah merupakan satu dari sekian bukti akan nasib kebanyakan masyarakat kita yang hidupnya carut marut dan semakin memprihatinkan.

Kasus ini dan banyak kasus lainnya, seyogyanya menyadarkan kita bahwa kemiskinan merupakan suatu musibah besar yang harus kita atasi bersama-sama. Kewajiban mengatasi kemiskinan tidak semata-mata terpikul kepada negara atau penguasa, tetapi juga setiap dari kita terutama yang memiliki kelebihan harta.

Harta hakikatnya milik Tuhan, dan Ia memberikannya kepada kita sebagai titipan dan sekaligus ujian. Manusia diuji Allah dengan hartanya, apakah yang dikasih kelebihan harta itu memiliki kepedulian kepada sesama saudaranya, apakah ia ulurkan tangannya untuk menolong kaum lemah ekonominya. Harta adalah instrumen uji untuk menyeleksi kemuliaan. Manusia menjadi mulia dalam pandangan Allah bukan karena harta yang melimpah ruah, tetapi karena sikap kedermawanannya, karena ia gunakan untuk menyelamatkan kaum jelata dari kelaparan, kebodohan, dan kemiskinan.

Alah SWT berjanji akan mencatat orang-orang yang dermawan di dalam agenda distribusi rahmat-Nya ( Lihat QS Al-A’raf [ 7 ] : 156 ), dan bahkan Allah memastikan dirinya akan memberikan pertolongan kepada setiap hamba-Nya yang suka menolong saesama manusia dengan menunaikan zakat ( Lihat QS Al-Haj [ 22 ]: 40 – 41 ).

Menampakkan sedekah sebagaimana yang dipertanyakan, tidaklah dilarang Islam, terutama jika terkandung tujuan supaya menjadi contoh bagi orang lain, Tetapi, juga hendaknya dilakukan secara hati-hati agar tidak terjebak ke dalam perbuatan riya yang dilarang Islam.

Allah SWT berfirman,”Jika kamu menampakkan sedekah ( mu ), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan memberikannya kepada orang-orang fakir, maka ( tindakan menyembunyikan ) itu lebih baik bagimu” ( Lihat QS Al-Baqarah [ 2 ] : 172 ); dan “Maka Neraka Wail diperuntukkan bagi orang yang shalat, yaitu orang-orang yang lalai dalam shalatnya, dan orang-orang yang riya” ( Lihat QS Al-Ma’un [ 107 ] : 4 6 )

Sumber : Forum Dialog ZIS, Pikiran Rakyat, Senin, 17 November 2003 / 22 Ramadhan 1424

ΩΩΩ

Entri Terakhir :

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Agus Syihabudin, Zakat, Infak, Sedekah dan Wakaf and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Membagikan Sedekah Tetapi Sampai Timbulkan Korban

  1. Pingback: Ikhlas dalam Bersedekah | Bani Madrowi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s