Doa dan Zikir Sebelum Tidur


Oleh : Ustadz Bachtiar Nasir

Ustadz, doa dan zikir apa saja yang sebaiknya kita baca dan kita amalkan sebelum kita tidur, sesuai hadis Nabi SAW?

Sanusi Ab — Bogor

Jawaban :

Ada banyak doa dan zikir sebelum tidur yang terdapat dalam hadis-hadis Nabi SAW. Bahkan, Imam Nawawi dalam kitabnya, al-Azkar, menjelaskan, “Hadis dan atsar dalam masalah ini sangat banyak dan lebih utama jika seseorang melakukan semua yang disebutkan dalam bab ini. Jika ia tidak sempat maka cukup melakukan yang ia mampu dari yang terpenting.“

Di antara doa dan zikir yang dicontohkan oleh Nabi SAW dan sebaiknya dibaca sebelum tidur:

  • Meniup kedua telapak tangan setelah membaca surah al-Ikhlas, al-Falaq, dan an-Naas. Lalu mengusapkan kedua telapak tangan itu ke seluruh tubuh sebanyak tiga kali. Aisyah meriwayatkan bahwa Nabi SAW apabila beranjak ke tempat tidurnya pada setiap malam, beliau menghimpun dua telapak tangannya, kemudian meniupkan padanya sambil membaca surah alIkhlas, surah al-Falaq, dan surah an-Naas. Setelah itu, mengusapkan kedua telapak tangannya itu ke seluruh tubuhnya yang mampu untuk diusap, dimulai dari kepala, wajah, dan tubuh bagian depan. Beliau melakukannya tiga kali.“ (HR Bukhari).
  • Membaca ayat Kursi.  Diriwayatkan dari Abu Hurairah RA; “Rasul SAW menugaskan aku menjaga harta zakat Ramadhan, kemudian ada orang yang datang mencuri makanan, namun aku merebutnya kembali, lalu aku katakan, ‘Aku pasti akan mengadukan kamu kepada Rasul SAW.’ Lalu, Abu Hurairah RA menceritakan hadis yang berkenaan masalah ini. Selanjutnya, orang yang datang kepadanya tadi berkata, ‘Jika kamu hendak berbaring di atas tempat tidurmu, bacalah ayat al-Kursi karena dengannya kamu selalu dijaga oleh Allah SWT dan setan tidak akan dapat mendekatimu sampai pagi.’ Maka, Nabi SAW bersabda, ‘Benar apa yang dikatakannya, padahal dia itu pendusta. Dia itu setan.’” (HR Bukhari).
  • Membaca dua ayat terakhir dari surah al-Baqarah.   Dari Abu Mas’ud al-Badri ra ia berkata, “Rasulullah SAW bersabda, ‘Dua ayat terakhir dari surah al-Baqarah, barang siapa yang membaca pada malam hari maka itu cukup baginya.’” (HR Bukhari dan Muslim). Para ulama berbeda pendapat tentang maksud dari cukup baginya dalam hadis di atas.
  • Membaca surah al-Kafirun. Dari Naufal al-Asyja’i RA, ia berkata, “Rasulullah SAW bersabda kepadaku,’Apabila kamu menuju tempat tidurmu pada malam hari maka bacalah qul ya ayyuhal kafirun (surah al-Kafirun), lalu tidurlah setelah selesai membacanya, sesungguhnya ia adalah pembebas dari kesyirikan.’“ (HR Ahmadh, Tirmizi, Abu Daud, dan al-Hakim).                                                                                       
  • Membaca surah al-Isra’ dan al-Zumar. Dari Aisyah RA, ia berkata, “Nabi SAW tidak akan tidur sampai beliau membaca surah Bani Israil dan al-Zumar.’“ (HR Tirmizi).                                                                                                                         
  • Membaca doa bismika allhumma amuutu wa ahya. Dari Huzaifah bin al-Yaman ra, ia berkata, “Jika ingin tidur, Nabi SAW membaca bismika allahumma amutu wa ahya (dengan nama-Mu, ya Allah, aku mati dan hidup) dan ketika bangun dari tidurnya, beliau membaca alhamdulillahil ladzi ahyaana ba’da ma amaatana wa ilaihin nusyur (segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami kembali setelah mematikan kami dan kepadanya tempat kembali ).
  • Berwudhu dan berbaring di atas sisi kanan badan, kemudian membaca doa.
  • Mengibaskan tempat tidur lalu membaca doa.
  • Bertasbih 33 kali, bertahmid 33 kali, dan bertakbir 34 kali.
  • Meletakkan tangan di bawah pipi kanan lalu membaca doa; “Ya Allah, lindungilah aku dari siksa-Mu pada hari Engkau membangkitkan para hamba-Mu.“ (HR Abu Daud).
  • Membaca doa “Segala puji bagi Allah yang telah memberi makan dan minum kepada kami dan telah mencukupi kami, dan memberi perlindungan kepada kami. Berapa banyak orang yang tidak memiliki yang mencukupi dan memberi perlindungan kepadanya.“ (HR Muslim).

Inilah di antara doa dan zikir yang diajarkan dan dicontohkan oleh Rasulullah SAW yang sebaiknya kita amalkan dan baca setiap hendak tidur. Wallahu a’lam

Sumber : Konsultasi Agama, Republika, Jumat, 7 September 2012 / 20 Syawal 1433 H

Ilustrasi : aslamattusi

ΩΩΩ

Entri Terakhir :

About these ads

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Akhlak, Bachtiar Nasir, Ibadah and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s