Membaca Al-Quran di Kuburan, Bolehkah ?


Oleh : Ustadz Bachtiar Nasir

Ustadz, saya mau menanyakan tentang mengaji di kuburan selama waktu tertentu di atas kuburan keluarga yang baru meninggal, bagaimana hukumnya? Dengan segala kerendahan hati mohon penjelasannya, ustadz, agar kami tidak salah langkah. Terima kasih sebelumnya.

Hamba Allah

Jawaban :

Sebagaimana pendapat jumhur ulama dari mazhab Hanafi, sebagian mazhab Maliki dan Hanbali serta sebagian dari ulama mazhab Syafi’i bahwa pahala membaca Al-Quran yang dihadiahkan oleh orang yang hidup akan sampai kepada mayit. Mereka menganalogikan membaca Al-Quran itu dengan doa yang dipanjatkan untuk si mayit, sedekah, dan haji yang dihadiahkan pahalanya kepada si mayit, dalam hal ini para ulama bersepakat berdasarkan ayat dan hadis-hadis yang sahih tentang semua perkara tersebut.

Sedangkan, Imam Syafi’i dan yang masyhur dalam mazhab Maliki berpendapat bahwa pahala bacaan Al-Quran itu dan ibadah-ibadah lain selain yang disebutkan dalam hadis-hadis Nabi SAW tidak sampai kepada si mayit.

Adapun mengenai hukum membaca Al-Quran di kuburan, ada perbedaan pendapat antara ulama tentang masalah ini. Ibnu Abi al-`Izz dalam Syarh Al-Aqidah Ath- Thahawiyyah-nya menyebutkan bahwa para ulama berbeda dalam tiga pendapat.

Pertama, pendapat Abu Hanifah, Malik, dan salah satu riwayat dari Ahmad bahwa membaca Al-Quran di kuburan itu hukumnya makruh karena hal itu merupakan amalan baru yang tidak terdapat dalam sunah dan membaca Al-Quran itu seperti shalat. Sedangkan, shalat dilarang dilaksanakan di kuburan maka begitu juga membaca Al-Quran.

Mereka juga berlandaskan kepada hadis Nabi SAW yang melarang umat Islam menjadikan rumahnya seperti kuburan karena tidak dibacakan ayat-ayat Al-Quran dan tidak dilaksanakan shalat di dalamnya.

Diriwayatkan dari Ibnu Umar ra, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda, “Jadikanlah bagian dari shalat kalian di rumah-rumah kalian, dan jangan kalian jadikan rumah kalian seperti kuburan.“ ( HR Bukhari dan Muslim ).

Kedua, yaitu pendapat Muhammad bin al-Hasan dari mazhab Hanafi dan salah satu riwayat dari Imam Ahmad yang mengatakan bahwa tidak apa-apa membaca Al-Quran di kuburan. Mereka berlandaskan kepada atsar yang diriwayatkan dari Ibnu Umar.

Diriwayatkan dari Ibnu Umar ra bahwa dia menyunahkan agar membaca awal surah al-Baqarah dan akhir surat tersebut di atas kubur setelah pemakaman. ( HR al-Baihaqi dan al-Thabrani ).

Para ulama juga berdalilkan hadis Nabi SAW berikut, diriwayatkan dari Ibnu Abbas, ia berkata, “Rasulullah SAW pernah melewati dua kuburan, lalu beliau bersabda, `Ketahuilah, sesungguhnya kedua penghuni kubur ini sedang disiksa. Dan mereka berdua disiksa bukan karena sesuatu yang besar. Adapun salah seorang di antara mereka disiksa karena tidak menjaga dirinya dari ( percikan ) kencingnya sedangkan yang lainnya disiksa karena suka mengadu domba.’ Kemudian beliau meminta pelepah kurma basah, lalu membelahnya menjadi dua. Kemudian beliau menanamnya di setiap kuburan itu. Dan para sahabat bertanya, `Kenapa Anda berbuat demikian ya Rasulullah?’ Beliau menjawab, `Semoga siksa keduanya diringankan selama kedua pelepah ini belum kering.’“ ( HR Bukhari dan Muslim ).

Di sini para ulama mengambil hukum sunahnya membaca Al-Quran di kuburan bagi mayit karena jika tasbih dahan pohon yang basah saja bisa meringankan beban mayit dalam kuburnya apalagi bacaan Al-Quran yang mulia.

Ketiga, pendapat yang mengatakan bahwa tidak apa-apa membaca Al-Quran pada  saat pemakaman saja. Ini merupakan salah satu riwayat dari Imam Ahmad berdasarkan kepada riwayat atsar dari Ibnu Umar di atas.

Sebaiknya untuk keluar dari perbedaan pendapat ulama maka jika hendak membaca Al-Quran dan menghadiahkan pahalanya kepada keluarga yang telah meninggal maka hendaklah dibaca di rumah saja, hal itu juga untuk menghiasi rumah dengan bacaan Al-Quran agar tidak seperti kuburan. Dan, tidak dibenarkan membaca Al-Quran pada hari atau bulan tertentu.

Karena Rasulullah SAW dan para sahabatnya yang paling mengetahui dan mengikuti sunah Nabi SAW tidak melakukan hal itu. Rasulullah SAW hanya mengajarkan kepada kita agar kita memintakan ampunan dan berdoa agar dia diteguhkan dalam menjawab pertanyaan malaikat. Dan, ketika kita menziarahi kuburan, Rasulullah SAW menyuruh kita untuk berdoa bagi si mayit agar diberikan rahmat oleh Allah SWT dalam kuburnya.

Wallahu a’lam bish shawab ■

Sumber : Konsultasi Agama, Republika, Sabtu , 21 April 2012 / 29 Jumadil Awal 1433

Judul asli : Membaca Alquran di Kuburan

Gambar  : hijrahdarisyirikdanbidah.blogspot.com

ΩΩΩ

Entri Terkait :

  1. Mencampur Kuburan Muslim dan Non-Muslim
  2. Membaca Al-Quran di Kuburan
  3. Memperlakukan Makam
  4.  Hukum Memulangkan Jenazah Ruyati
  5. Membaca Yasin untuk Mayat
  6. Tuntunan Ziarah Kubur
  7.  Persamaan Alam Kubur dengan Kuburan
  8.  Jangan Terlalu Salahkan Diri Sendiri
  9. Wasiat  Menguburkan Mayat
  10. Membaca Al-Quran di Kuburan , Bolehkah ?
  11.  Masjid  di  Atas Kuburan
  12. Shalat Jenazah di Kuburan
  13. Hajatan  Kematian
  14. Mengurus Jenazah yang Terkena AIDS
  15. Orang  yang Berhak  Memandikan Jenazah
  16. Wanita Shalat Jenazah
  17.  Shalat Jenazah Berulang
  18.  Mati Bunuh Diri
  19.  Uang Duka
  20.  Mengubur Jenazah Malam Hari
  21. Membuka Tali Kafan
  22. Mengubur Jenazah di Laut
  23. Azan Ketika Penguburan Mayat
About these ads

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Al-Quran, Bachtiar Nasir and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Membaca Al-Quran di Kuburan, Bolehkah ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s