Kedudukan dan Makna Bismillah


Oleh : Ustadz Aam Amiruddin

Ustadz, apakah Bismillah itu bagian dari surat Al-Fatihah atau hanya pembatas saja. Dan apa makna Bismillah sehingga dianjurkan untuk dibaca setiap kali kita mau melakukan kebaikan ? Mohon penjelasan disertai dalilnya

Irfansyah @ e-mail

Jawaban :

Bismillah statusnya sebagai ayat pertama dari surat Fatihah, sedangkan dalam surat lainnya ia sebagai pembatas antarsurat, karenanya tidak diberi nomor. Konsekuensinya, bila Bismillah dihitung sebagai ayat dari Al-Fatihah, ia harus dibaca saat kita membaca Al-Fatihah  dalam shalat.

Ada dua cara membaca Bismillah saat shalat; jahar dan sirr.  Jahar artinya bacaannya terdengar atau dikeraskan. Sedang sirr artinya tidak terdengar atau tidak dikeraskan. Kalau kita shalat berjamaah di Masjidil Haram atau Masjid Nabawi, saat imam membaca Fatihah langsung terdengar Alhamdulillah … , seolah Bismillah-nya tidak dibaca. Sesungguhnya imam tetap membaca Bismillah namun tidak dikeraskan bacaannya.

Imam An-Nasai, Ibnu Khuzaimah, Ibnu Hibban, dan Imam Hakim meriwayatkan hadits berikut, “Abu Hurairah r.a. shalat dengan mengeraskan bacaan Bismillah. Selesai shalat ia berkata : Sesungguhnya shalatku sangat menyerupai shalat Rasulullah saw.”

Anas berkata, “Saya pernah shalat di belakang Nabi saw. , Abu Bakar, Umar, dan Usman. Mereka memulai bacaannya dengan Alhamdulillah.” ( H. R. Bukhari – Muslim ).

Hadits pertama riwayat Abu Hurairah r.a. menjelaskan Bismillah itu dikeraskan ( jahar ). Sedangkan hadits kedua riwayat Anas r.a. menjelaskan bacaan Bismillah  itu tidak dikeraskan ( sirr ). Kedua hadits tersebut tidak bertentangan, tapi menjelaskan sesuatu yang bersifat pilihan. Artinya, kita boleh memilih cara yang paling kita sukai, apakah mau membaca Bismillah dengan dikeraskan atau tidak.

Secara gramatikal, Bismillah merupakan kalimat yang belum sempurna. Coba perhatikan terjemahannya : “Dengan menyebut nama Allah”. Apa yang dengan nama Allah itu ? Bandingkan dengan contoh berikut “Dengan pisau” Apa yang dengan pisau ? Supaya sempurna, kita tambahkan kalimat “Saya menyembelih ayam dengan pisau”, maka kalimat itu menjadi sempurna. Begitu juga kalimat Bismillah , perlu kalimat penyempurna. Adapun kalimat penyempurnanya adalah perbuatan kita, misalnya kita membaca Bismillah  saat mau makan. Berarti kita mengatakan “Saya makan dengan menyebut nama Allah Yang Maha pemurah lagi Maha Penyayang” Maka kalimat ini menjadi sempurna. Contoh lain, saat mau menulis, kita membaca Bismillah , ini maknanya sama dengan  “Saya menulis dengan menyebut nama Allah”.

Agar seluruh aktivitas keseharian kita bernilai ibadah, Rasulullah saw menganjurkan untuk memulai seluruh perbuatan baik dengan Bismillah , sebagaimana sabdanya, “Setiap urusan ( perbuatan ) yang tidak diawali dengan Bismillahirrahmanirrahim, maka cacat (terputus dari rahmat Allah).” ( H.R. Ahmad dan Ashhab Sunan ). Wallahu A’lam ■

Sumber : Bedah Masalah, Percikan Iman, No. 12 Tahun III Desember 2002 / Ramadhan 1423 H

            ΩΩΩ

Silakan Baca Juga :

About these ads

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Aam Amiruddin, Al-Quran, Shalat and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Kedudukan dan Makna Bismillah

  1. risa says:

    Madinah adalah tanah haram yang bid’ah akan langsung dilaknat Allah dan malaikat. Jadi sudah sepantasnya kita mencontoh imam di Madinah. Lagipula, mathan hadis Abu Hurarirah terasa memuji diri sendiri; sayalah yang paling mirip dengan Rasul saw…aduh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s