Zakat = Pajak ?


Oleh : M Quraish Shihab

Saya pernah mendengar ada penceramah mengidentikkan pajak dengan zakat. Saya bingung. Mohon penjelasan. Apakah orang yang sudah membayar zakat, tidak perlu lagi membayar pajak atau sebaliknya ? Apakah dana zakat dapat digunakan untuk pajak atau sebaliknya ?

Agnia Fitriani, Kuningan, Jawa Barat

Jawaban :

Seperti yang pernah dikemukakan bahwa meskipun antara zakat dan pajak memiliki beberapa persamaan, akan tetapi keduanya juga memiliki beberapa perbedaan yang bersifat prinsip yang dengan sebab perbedaan itu keduanya memiliki nilai, status dan hukum yang berbeda.

1.  Kewajiban zakat langsung dari Allah SWT, termaktub dalam ayat-ayat Al-Quran maupun hadits Nabi secara qath’i. Karena itu zakat termasuk kategori Ma’lum minad-din bi adl-dlarurah ( sesuatu yang harus diketahui secara pasti bagian dari agama dan berkaitan langsung dengan keimanan dan keislaman seseorang ). Siapa saja yang dengan sengaja mengingkari kewajiban berzakat maka ia termasuk kedalam kelompok orang kafir. Seluruh ulama sepakat terhadap kewajibannya.

Zakat harus dikeluarkan oleh muzakki  selama ia ada, walaupun mustahiq-nya tidak ada di tempat muzakki itu. Sedangkan pajak keberadaannya sangat tergantung pada kebijakan pemerintah suatu negara. Karena itu ada negara yang sangat ketat memberlakukan kewajiban pajak, sementara ada negara yang sangat melonggarkannya bahkan cenderung menghapuskannya. Misalnya, di beberapa negara Arab.

2.  Yang berhak menerima zakat, jelas tidak boleh keluar dari delapan kelompok sebagaimana dinyatakan dalam QS 9 : 60 , sedangkan pajak bisa dipergunakan apapun sesuai dengan kebijakan pemerintah itu sendiri. Atas dasar itu orang yang sudah membayar pajak, harus pula membayar zakat, demikian sebaliknya. Wallahu a’lam bi ash-shawab

Sumber : Quraish Shihab Menjawab ,  Dialog Jumat, Republika, Jumat, 11 April 2003 /  9 Shafar 1424 H

ΩΩΩ

Entri Terkait :

About these ads

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in M.Quraish Shihab, Zakat, Infak, Sedekah dan Wakaf and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s