Alam Barzakh


Oleh : Ustadz Bachtiar Nasir

Ustadz, apa betul setelah kematian ada kehidupan lain yang sama seperti kita, tetapi mereka tidak bisa dilihat dan mereka menunggu?

Hamba Allah

Jawaban :

“( Demikianlah keadaan orang-orang kafir itu ) hingga apabila datang kematian kepada seseorang dari mereka, dia berkata, ‘Ya Tuhanku, kembalikanlah aku ( ke dunia ) agar berbuat amal saleh terhadap yang telah aku tinggalkan. Sekali-kali tidak. Sesungguhnya itu adalah perkataan yang diucapkannya saja. Dan, di hadapan mereka ada dinding sampai hari mereka dibangkitkan.“ ( QS al-Mukminun [23] : 99-100 ).

Kata barzakh berarti pemisah antara dua hal ( QS ar-Rahman [55] : 20 ). Mujahid menjelaskan, alam barzakh itu adalah alam yang memisahkan antara dunia dan akhirat atau alam antara sesudah mati dan hari kebangkitan ( tafsir Ibnu Katsir dan al-Thabari ). Alafahany menjelaskan, alam barzakh adalah alam pemisah antara manusia dan kesempatan mencapai derajat yang tinggi di akhirat.

Hal ini seperti difirmankan surah al-Mukminun ayat 11, “… Dan di hadapan mereka ada dinding ( barzakh ) sampai hari mereka dibangkitkan.“ Karena itu, Rasulullah mengajarkan kaum Muslimin untuk selalu berdoa supaya dijauhkan dari azab kubur atau di alam barzakh.

Diriwayatkan dari Ibnu Abbas, Rasulullah pernah mengajarkan doa ini ( secara teliti dan fokus ) persis sebagaimana beliau mengajarkan satu surah dari surah-surah Al-Quran, “Ya Allah, sesungguhnya kami berlindung kepada-Mu dari azab neraka Jahanam, aku berlindung kepada-Mu dari azab kubur, aku berlindung kepada-Mu dari fitnah al-Masiih ad-Dajjaal, dan aku berlindung kepada-Mu dari fitnah kehidupan dan kematian.“ ( HR Bukhari dan Muslim, ini lafaz Muslim ).

Rasulullah juga bersabda, “Sesungguhnya umat ini akan diuji di kuburnya. Andai kalian tidak saling menguburkan, niscaya aku akan berdoa kepada Allah agar memperdengarkan azab kubur pada kalian seperti yang aku dengar.“ Setelah itu, beliau menghadapkan wajah ke arah kami, lalu bersabda, “Berlindunglah diri kepada Allah dari azab neraka.“ Mereka berkata, “Kami berlindung diri kepada Allah dari azab neraka.“ Beliau bersabda, “Berlindunglah diri kepada Allah dari azab kubur.“ Mereka berkata, “Kami berlindung diri kepada Allah dari azab kubur.“ Beliau bersabda, “Berlindunglah diri kepada Allah dari fitnah-fitnah yang tampak dan yang tersembunyi.“ Mereka berkata, “Kami berlindung diri kepada Allah dari fitnah-fitnah yang tampak dan yang tersembunyi.“ Beliau bersabda, “Berlindunglah diri kepada Allah dari fitnahnya Dajjal.“  Mereka berkata, “Kami berlindung diri kepada Allah dari fitnahnya Dajjal.“   ( HR Muslim ).

Berdasarkan ayat dan hadis Nabi di atas, kita dapat menyimpulkan, setelah mati, manusia memasuki alam yang memisahkannya dengan alam dunia ini sehingga ia tidak bisa kembali lagi ke atas dunia, tapi belum masuk ke alam akhirat karena kiamat belum datang. Di alam inilah orang yang telah meninggal menunggu datangnya kiamat.

Alam ini dinamakan barzakh atau bisa juga disebut alam kubur. Alam ini gaib yang tidak diketahui apa dan bagaimana kehidupan di dalamnya kecuali yang diberitakan oleh Allah dan Rasul-Nya.

Di alam ini, manusia diberi nikmat jika dia beriman dan beramal saleh, sebaliknya jika dia adalah orang kafir atau banyak berbuat dosa, akan mendapatkan azab kubur. Wallahu a’lam bish shawab ■

Sumber : Konsultasi Agama, Republika, Senin , 2 April 2012 / 10 Jumadil Awal 1433 H

ΩΩΩ

About these ads

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Aqidah, Bachtiar Nasir and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Alam Barzakh

  1. mustiko says:

    wah setuju saya pak ustad bagi setiap muslim menurut saya harus sering mengingat mati
    sehingga kita secara tidak langsung rajin berbuat kebaikan tiko…….

  2. Ai Sri' says:

    Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.

    Ada pepatah mengatakan
    “HIDUP adalah TIDUR dan
    MATI adalah BANGUN…..

    sem0ga kita smua mendapat kebaikan didunia dan diakhirat.

    #Amiin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s