Mimpi Bertemu dengan Almarhum


Oleh : Ustadz Aam Amiruddin

Saya pernah mimpi bertemu dengan almarhum ayah. Siapakah yang hadir dalam mimpi saya ? Apakah roh almarhum ayah ataukah siapa ?

Retna

Jawaban :

Fenomena mimpi banyak dibicarakan para ilmuwan, baik dari sudut medis ataupun psikologi. Di sini kita tidak akan membicarakannya dari sudut ilmu-ilmu tersebut, tetapi akan membedahnya dengan sabda Rasulullah saw, “Mimpi itu ada tiga. Mimpi yang baik merupakan kabar gembira dari Allah, mimpi yang menyedihkan berasal dari setan, dan mimpi yang datang dari obsesi seseorang. Jika salah seorang di antara kalian mimpi yang menyedihkan maka hendaklah dia bangun lalu shalat dan tidak menceritakannya pada orang lain.” ( H.R. Bukhari dan Muslim )

Rasulullah saw bersabda, “Mimpi yang baik adalah dari Allah. Sedangkan mimpi yang menakutkan berasal dari setan. Barang siapa mimpi yang tidak menyenangkan maka hendaklah dia meludah ke sebelah kirinya tiga kali dan berlindung diri kepada Allah dari setan maka mimpi tersebut tidak akan membahayakannya.” ( H.R. Bukhari dan Muslim )

Sahabat Jabir r.a. berkata, seorang Arab Baduy datang kepada Nabi saw seraya mengadu, “Ya Rasulullah, saya bermimpi seolah-olah kepalaku dipukuli hingga pusing dan berat.” Rasulullah bersabda kepadanya, “Jangan ceritakan pada orang bahwa setan mempermainkanmu dalam tidurmu.” ( H.R. Muslim dan Ibnu Majah )

Bertolak dari hadis-hadis di atas, kita bisa membuat sejumlah kesimpulan :

  1. Apabila kita bermimpi baik, berarti mimpi tersebut datang dari Allah, kita wajib mensyukurinya dan boleh menceritakannnya kepada orang lain sebagai wujud rasa syukur.
  2. Apabila kita bermimpi buruk atau menakutkan, berarti mimpi tersebut datang dari setan, kita wajib berlindung diri pada Allah, bahkan kalau memungkinkan meludah tiga kali ke sebelah kiri dan jangan menceritakannya pada orang lain. Sebab kalau kita menceritakannya, setan akan merasa senang kalau gangguannya itu menjadi bahan pembicaraan manusia.

Kita harus berhati-hati kalau mimpi bertemu dengan orang yang sudah meninggal, misalnya bertemu dengan ayah atau ibu kita yang sudah wafat, sebab dikhawatirkan setan menyerupainya. Jadi, kalau kita bermimpi bertemu dengan orang yang sudah wafat, sebaiknya kita berlindung diri kepada Allah karena dikhawatirkan itu adalah setan yang menyerupai almarhum. Wallahu a’lam ■

Sumber : Bedah Masalah, Percikan Iman, No. 06 Th. VIII Juni 2007 / Jumadil Ula 1428

ΩΩΩ

About these ads

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Aam Amiruddin, Akhlak, Aqidah and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

31 Responses to Mimpi Bertemu dengan Almarhum

  1. zaka says:

    Ustad saya minta tips supya gampang untuk sholat subuh! Tks

    ———————————————

    Allah memerintahkan kita untuk shalat, tapi sebenarnya Allah tidak butuh dengan shalat kita. Justru Allah mewajibkan shalat untuk kepentingan kita, untuk kebaikan kita. Itu yang harus kita yakini, karena keyakinan akan hal ini akan menumbuhkan semangat untuk istiqamah ( konsisten ) dalam beribadah.

    Untuk bisa shalat subuh tepat waktu, perlu kesungguhan kita. Jangan tidur terlalu malam dan memasang alarm supaya bisa terbangun beberapa saat sebelum waktu subuh tiba. Bila kita memiliki azam ( keinginan keras ), insya Allah akan memperoleh kemudahan. Amin

  2. Bebeh Cakep says:

    assalamualaikum wr.wb
    semalam saya bertemu dg almarhum ayah sya……..padahal…. saya tiap habis sholat selalu m,endoakan beliau apa makna dari mimpi sya . mohon petunjuk makasih wassalamualaikum wr.wb

    • ade doang says:

      Hubungan Ruh dengan orang yang hidup ada tiga:

      = > Pertama, pertemuan ruh orang yang telah meninggal dengan ruh orang yang masih hidup di alam mimpi

      Para ulama menegaskan bahwa hal ini bisa terjadi. Ruh orang yang telah meninggal bisa berjumpa dengan ruh orang yang masih hidup dalam mimpi.

      Berikut beberapa keterangan mereka,

      1. Tafsir firman Allah di surat Az-Zumar ayat 42.

      Allah berfirman,

      اللَّهُ يَتَوَفَّى الْأَنْفُسَ حِينَ مَوْتِهَا وَالَّتِي لَمْ تَمُتْ فِي مَنَامِهَا فَيُمْسِكُ الَّتِي قَضَى عَلَيْهَا الْمَوْتَ وَيُرْسِلُ الْأُخْرَى إِلَى أَجَلٍ مُسَمًّى إِنَّ فِي ذَلِكَ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ
      “Allah memegang jiwa (orang) ketika matinya dan (memegang) ruh (orang) yang belum mati di waktu tidurnya; Maka Dia tahanlah ruh (orang) yang telah Dia tetapkan kematiannya dan Dia melepaskan ruh yang lain sampai waktu yang ditetapkan. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda- tanda kekuasaan Allah bagi kaum yang berfikir.” (QS. Az-Zumar : 42)

      Ada dua pendapat ahli tafsir tentang ayat ini. Salah satunya, bahwa ruh orang yang ditahan adalah ruh orang yang sudah meninggal, sehingga dia tidak bisa kembali ke jasadnya di dunia. Sedangkan ruh orang yang dilepas adalah ruh orang yang tidur. (Ar-Ruh, Ibnul Qoyim, hlm. 31).

      Diriwayatkan dari Said bin Jubair, dari Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma, beliau menjelaskan tafsir ayat tersebut,

      إِنَّ أَرْوَاحَ الْأَحْيَاءِ وَالْأَمْوَاتِ تَلْتَقِي فِي الْمَنَامِ فَتَتَعَارَفُ مَا شَاءَ اللَّهُ مِنْهَا، فَإِذَا أَرَادَ جَمِيعُهَا الرُّجُوعَ إِلَى الْأَجْسَادِ أَمْسَكَ اللَّهُ أَرْوَاحَ الْأَمْوَاتِ عِنْدَهُ، وَأَرْسَلَ أَرْوَاحَ الْأَحْيَاءِ إِلَى أَجْسَادِهَا
      Sesungguhnya ruh orang yang hidup dan ruh orang mati bertemu dalam mimpi. Mereka saling mengenal sesuai yang Allah kehendaki. Ketika masing-masing hendak kembali ke jasadnya, Allah menahan ruh orang yang sudah mati di sisi-Nya, dan Allah melepaskan ruh orang yang masih hidup ke jasadnya. (Tafsir At-Thabari 21/298, Al-Qurthubi 15/260, An-Nasafi 4/56, Zadul Masir Ibnul Jauzi 4/20, dan beberapa tafsir lainnya).

      2. Kejadian nyata yang dialami para sahabat

      Kejadian ini pernah dialami seorang sahabat yang dijamin masuk surga karena kerendahan hatinya. Sahabat Tsabit bin Qois radhiyallahu ‘anhu. Peristiwa ini terjadi ketika perang Yamamah, menyerang nabi palsu Musailamah Al-Kadzab di zaman Abu Bakr. Dalam peperangan itu, Tsabit termasuk sahabat yang mati syahid. Ketika itu, Tsabit memakai baju besi yang bernilai harganya.

      Sampai akhirnya lewatlah seseorang dan menemukan jasad Tsabit. Orang ini mengambil baju besi Tsabit dan membawanya pulang. Setelah peristiwa ini, ada salah seorang mukmin bermimpi, dia didatangi Tsabin bin Qois. Tsabit berpesan kepada si Mukmin dalam mimpi itu:

      “Saya wasiatkan kepada kamu, dan jangan kamu katakan, ‘Ini hanya mimpi kalut’ kemudian kamu tidak mempedulikannya. Ketika saya mati, ada seseorang yang melewati jenazahku dan mengambil baju besiku. Tinggalnya di paling pojok sana. Di kemahnya ada kuda yang dia gunakan membantu kegiatannya. Dia meletakkan wadah di atas baju besiku, dan diatasnya ada pelana. Datangi Khalid bin Walid, minta beliau untuk menugaskan orang agar mengambil baju besiku. Dan jika kamu bertemu Khalifah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam (yaitu Abu Bakr), sampaikan bahwa saya punya tanggungan utang sekian dan punya piutang macet sekian. Sementara budakku fulan, statusnya merdeka. Sekali lagi jangan kamu katakan, ‘Ini hanya mimpi kalut’ kemudian kamu tidak mempedulikannya.”

      Setelah bangun, orang inipun menemui Khalid bin Walid radhiyallahu ‘anhu dan menyampaikan kisah mimpinya bertemu Tsabit. Sang panglima, Khalid bin Walid mengutus beberapa orang untuk mengambil baju besi itu, dia memperhatikan kemah yang paling ujung, ternyata ada seekor kuda yang disiapkan. Mereka melihat isi kemah, ternyata tidak ada orangnya. Merekapun masuk, dan langsung menggeser pelana. Ternyata di bawahnya ada wadah. Kemudian mereka mengangkat wadah itu, ketemulah baju besi itu. Merekapun membawa baju besi itu menghadap Khalid bin Walid.

      Setelah sampai Madinah, orang itu penyampaikan mimpinya kepada Khalifah Abu Bakr As-Shiddiq radhiyallahu ‘anhu, dan beliau membolehkan untuk melaksanakan wasiat Tsabit. Para sahabat mengatakan, “Kami tidak pernah mengetahui ada seorangpun yang wasiatnya dilaksanakan, padahal baru disampaikan setelah orangnya meninggal, selain wasiat Tsabit bin Qais. (HR. Al-Baihaqi dalam Dalail An-Nubuwah 2638 dan Al-Bushiri dalam Al-Ittihaf 3010)

      Kasus semacam ini juga terjadi pada beberapa ulama. Kisah-kisah mereka banyak disebutkan Ibnul Qoyim dalam bukunya Ar-Ruh (hlm. 30 – 48). Salah satunya adalah kisah sahabat tsabit bin Qois di atas.

  3. Defo says:

    Assalamu Alaikum Wr wb…. Ustadz, Saya bermimpi d dtgin ma org y sudah meninggal bukan cm sekali tp sering… Dan q tanyakn ke org lain ktx klo sering mimpi ktmu ma org y sudah meninggal artix almarhum tdk tenangd Alam sana…. Mohon penjelasan Pak Ustadz…

    • rahmayulis says:

      pak ustat saya sering mimpi almarhum ayah saya. dia memeluk dan mencium saya penuh kasih sayang. dan juga dia perna bicara supaya saya taat sama allah

  4. rahma says:

    pak ustad! saya sering bermimpi almarhum ayah saya. setiap sholat saya sering mendo’akannya. saya pernah bermimpi memeluk ayah.dan dia bicara kepada saya . supaya saya ta’at sama allah

    • ade doang says:

      Pertemuan ruh orang yang telah meninggal dengan ruh orang yang masih hidup di alam mimpi

      Para ulama menegaskan bahwa hal ini bisa terjadi. Ruh orang yang telah meninggal bisa berjumpa dengan ruh orang yang masih hidup dalam mimpi.

      Berikut beberapa keterangan mereka,

      1. Tafsir firman Allah di surat Az-Zumar ayat 42.

      Allah berfirman,

      اللَّهُ يَتَوَفَّى الْأَنْفُسَ حِينَ مَوْتِهَا وَالَّتِي لَمْ تَمُتْ فِي مَنَامِهَا فَيُمْسِكُ الَّتِي قَضَى عَلَيْهَا الْمَوْتَ وَيُرْسِلُ الْأُخْرَى إِلَى أَجَلٍ مُسَمًّى إِنَّ فِي ذَلِكَ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ
      “Allah memegang jiwa (orang) ketika matinya dan (memegang) ruh (orang) yang belum mati di waktu tidurnya; Maka Dia tahanlah ruh (orang) yang telah Dia tetapkan kematiannya dan Dia melepaskan ruh yang lain sampai waktu yang ditetapkan. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda- tanda kekuasaan Allah bagi kaum yang berfikir.” (QS. Az-Zumar : 42)

      Ada dua pendapat ahli tafsir tentang ayat ini. Salah satunya, bahwa ruh orang yang ditahan adalah ruh orang yang sudah meninggal, sehingga dia tidak bisa kembali ke jasadnya di dunia. Sedangkan ruh orang yang dilepas adalah ruh orang yang tidur. (Ar-Ruh, Ibnul Qoyim, hlm. 31).

      Diriwayatkan dari Said bin Jubair, dari Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma, beliau menjelaskan tafsir ayat tersebut,

      إِنَّ أَرْوَاحَ الْأَحْيَاءِ وَالْأَمْوَاتِ تَلْتَقِي فِي الْمَنَامِ فَتَتَعَارَفُ مَا شَاءَ اللَّهُ مِنْهَا، فَإِذَا أَرَادَ جَمِيعُهَا الرُّجُوعَ إِلَى الْأَجْسَادِ أَمْسَكَ اللَّهُ أَرْوَاحَ الْأَمْوَاتِ عِنْدَهُ، وَأَرْسَلَ أَرْوَاحَ الْأَحْيَاءِ إِلَى أَجْسَادِهَا
      Sesungguhnya ruh orang yang hidup dan ruh orang mati bertemu dalam mimpi. Mereka saling mengenal sesuai yang Allah kehendaki. Ketika masing-masing hendak kembali ke jasadnya, Allah menahan ruh orang yang sudah mati di sisi-Nya, dan Allah melepaskan ruh orang yang masih hidup ke jasadnya. (Tafsir At-Thabari 21/298, Al-Qurthubi 15/260, An-Nasafi 4/56, Zadul Masir Ibnul Jauzi 4/20, dan beberapa tafsir lainnya).

      2. Kejadian nyata yang dialami para sahabat

      Kejadian ini pernah dialami seorang sahabat yang dijamin masuk surga karena kerendahan hatinya. Sahabat Tsabit bin Qois radhiyallahu ‘anhu. Peristiwa ini terjadi ketika perang Yamamah, menyerang nabi palsu Musailamah Al-Kadzab di zaman Abu Bakr. Dalam peperangan itu, Tsabit termasuk sahabat yang mati syahid. Ketika itu, Tsabit memakai baju besi yang bernilai harganya.

      Sampai akhirnya lewatlah seseorang dan menemukan jasad Tsabit. Orang ini mengambil baju besi Tsabit dan membawanya pulang. Setelah peristiwa ini, ada salah seorang mukmin bermimpi, dia didatangi Tsabin bin Qois. Tsabit berpesan kepada si Mukmin dalam mimpi itu:

      “Saya wasiatkan kepada kamu, dan jangan kamu katakan, ‘Ini hanya mimpi kalut’ kemudian kamu tidak mempedulikannya. Ketika saya mati, ada seseorang yang melewati jenazahku dan mengambil baju besiku. Tinggalnya di paling pojok sana. Di kemahnya ada kuda yang dia gunakan membantu kegiatannya. Dia meletakkan wadah di atas baju besiku, dan diatasnya ada pelana. Datangi Khalid bin Walid, minta beliau untuk menugaskan orang agar mengambil baju besiku. Dan jika kamu bertemu Khalifah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam (yaitu Abu Bakr), sampaikan bahwa saya punya tanggungan utang sekian dan punya piutang macet sekian. Sementara budakku fulan, statusnya merdeka. Sekali lagi jangan kamu katakan, ‘Ini hanya mimpi kalut’ kemudian kamu tidak mempedulikannya.”

      Setelah bangun, orang inipun menemui Khalid bin Walid radhiyallahu ‘anhu dan menyampaikan kisah mimpinya bertemu Tsabit. Sang panglima, Khalid bin Walid mengutus beberapa orang untuk mengambil baju besi itu, dia memperhatikan kemah yang paling ujung, ternyata ada seekor kuda yang disiapkan. Mereka melihat isi kemah, ternyata tidak ada orangnya. Merekapun masuk, dan langsung menggeser pelana. Ternyata di bawahnya ada wadah. Kemudian mereka mengangkat wadah itu, ketemulah baju besi itu. Merekapun membawa baju besi itu menghadap Khalid bin Walid.

      Setelah sampai Madinah, orang itu penyampaikan mimpinya kepada Khalifah Abu Bakr As-Shiddiq radhiyallahu ‘anhu, dan beliau membolehkan untuk melaksanakan wasiat Tsabit. Para sahabat mengatakan, “Kami tidak pernah mengetahui ada seorangpun yang wasiatnya dilaksanakan, padahal baru disampaikan setelah orangnya meninggal, selain wasiat Tsabit bin Qais. (HR. Al-Baihaqi dalam Dalail An-Nubuwah 2638 dan Al-Bushiri dalam Al-Ittihaf 3010)

      Kasus semacam ini juga terjadi pada beberapa ulama. Kisah-kisah mereka banyak disebutkan Ibnul Qoyim dalam bukunya Ar-Ruh (hlm. 30 – 48). Salah satunya adalah kisah sahabat tsabit bin Qois di atas.

      Semoga bermanfaat

  5. Gondolo says:

    Ass.wr.wb…ustads apa arti mimpiku ini,saya mimpi bertemu dg almarhuma istri saya dalam mimpi itu dia keliatan amat cantik cuma dia tidak pernah bicara.wslm…

  6. endang purwaningsih says:

    pa ustad..
    saya bermimpi bertemu dengan almarhun nenek pacar saya,,
    sebelum saya bermimpi saya sempat bertengkar dengan pacar saya dan hati saya sakiiit sekali sampai saya ingin memutuskan hubngan pacaran kami.
    malamnya saya bermimpi di peluk oleh almarhum nenek pacar saya sambil menagis saya bercerita pada almarhum kalau saya sedih dan ingin putus saja,,
    tapi beliau menitip pesana untuk saya agar jangan memutuskan hubungan dengan cucu nya tsb, karna jika kami bersama itu bagus. dan ada kata” yg saya lupa..
    mimpi itu apakah benar pesan dari almarhum atau mimpi itu datangnya dari setan.
    mohon beri petunjuknya pa ustad.

  7. jontor says:

    ustadnya bingung mo jawab apa wkwkwkkwkw mimpi dari ALLAH ato dari setan ni??????????

  8. Anciy maco says:

    Pak ustad,sy biasa membaca surat Yasin diwkt malm jum’at dan sy memohon kepada Allah agar pahala apa yg sy baca dalam surat Yasin itu bisa diterima oleh almarhum ayah saya dan juga almarhuma istri saya,.

  9. sukma says:

    Mimpi yang benar…selama hidup kita mampu mengingatnya dan bisa menjelaskan secara detail walaupun kejadian mimpinya sudah bertahun-tahun.
    Kematian adalah perjalanan ratusan tahun, perpindahan alam, dari alam dunia kepada alam kubur, jika iman dunia dan rasa dunia terbawa ke alam kubur, maka akan menjadi siksa kubur atau terpenjara di alam dunia, menunggu sampai hari kiamat

  10. Marlina Lina says:

    pak ustad…sy bermimpi ayah sy yg sdh mninggal dtng ke rmh saya, dgn wajah yg berserih2,dan saya
    pun mencium tgn belia,apakah arti mmpi sy pak ustad?

  11. wandr says:

    aslmu. . .pak ustad kakak sya mimpi di datangi nenek almhrum lalu nenek a. bilang ktanya mau jadi tamu .
    setelah bngu tdur agak lma mndadak sakit tpi blom smbuh jga beliu dmana caranya agar tdak di gggu lg pak ustad trmaksh. .
    waslam. . .

  12. One safitri says:

    Saya mau tanya..
    Sahabat saya baru meninggal hari selasa yang lalu tgl 21, smnjak hari itu teman dekat saya kenapa selalu bermimpi bertemu dengan almarhum????
    Tiap malam semenjk hari itu pazti sllu bermimpi…

    Mohon dijawab..??
    Padahal almarhum itu sahabat saya dan orang yang paling dekat dengan say, tapi saya tidak pernah mimpi bertemu dengannya…

  13. Irfan ham says:

    Aku gak tau ia harus gmna lgi klo aku sering bertmu mimpi almarhum nenek dn kakek yg sdah 1tahun lebih wafatnya..
    0ke skrg ini baru aku tau dri BLOG ini ap arti mimpi tersebut…
    By Irfan ham
    *********bye bye
    Skrg gue mau lanjutin tidur gue baru tdi gue terkejut hahaha…….***

  14. alwiproppob says:

    Numpang promosi gan ,==

    “PELUANG EMAS MEMBUKA LOKET PEMBYARAN.PPOB.
    Seperti Pembyaran” LISTRIK PLN. PULSA LISTRIK.PULSA HP. PDAM . TLKOM. CICILAN KREDIT MOTOR FIF.0TO.ADIRA.DLL.PULSA GIME.SVEEDY .PAJAK PBB. ASURANSI .TV KABEL DLL. System bisa loket keliling dan Loket menetap, Bisa, di Rumah, di conter.di kios, di tempat yg jauh dari loket pmbyaran. dan bisa di donwlen kan hingga 2level kebwah,dan ksamping Bebas mendftar kan loket Baru dngan komisi Pasif inkam hngga anda bisa mendptkan puluhan juta rupiah/bulan. Dan bila Anda bergabung daftr buka loket ppob, Skaligus jadi markting plan, Dengan memasar kan loket secara Nasional via onlain di internet, dan offlaine, Dngan komisi 50rb/dapt satu loket dan 50rupiah/transaksi dnlen di bwah anda .Prodk kebuthan msyrakat yg tidk akan ada mati nya, Untk info lngkap hb:markting nasional PT.BMASKTI. DI 083895839294.085723073848 atau di http://tempatdaftarloketpembayaran.blogspot.com USAHA INI DARI PERUSAHAN PT.BIMASAKTI YG LEGAL.NYATA,DAN BERBDAN HUKUM DAN BISA DI PERTANGGUNG JWABKAN SECARA HUKUM

  15. nes says:

    itu hanya minta kirimin doa aja, insiya allah dia akan sembuh total karna slama ini tdk pernah di ingat loh….

  16. rahma says:

    ass….. pak usztad
    semalam saya bermimpi brtemu dngan ayah saya yg telah meninggal sktar staon yg lalu…
    dlam mmpi itu saya snng ndy trsnyum pda saya, saya melihat dy yg sdng brbring di tmpat tidur.
    sambil mmluk nya saya menangis smbil mmnta ma’af pd nya…
    dan dy blng dy telah mma’afkan saya…
    kira2 apa mksd mmpi itu soal nya sblum dy mnnggal saya blom s4 mnta ma’af pda nya..
    mhon di jawab ea [ak usztad…
    trims… :)

  17. arip says:

    As.Wb,,,,,,,,,,,,,,,,,,,pak ustad mohon jawabanya
    sehabis shalat subuh saya langsung mendoakan nenek saya yang sudah wafat dua minggu yang lalu,,dengan membaca surat yasin,,,,setelah selesai membacakan Doa,,,saya berpikiran untuk tdr kembali….tidak lama kemudian saya bermimpi nenek saya berkunjung ke kosan saya,,,dan menitipkan adik saya,,,,,apakah hal tersebut adalah wasiat beliau yang belum tersampaikan atau apa? pak ustad.

  18. echameilyn says:

    pak ustad, apa arti mimpi saya ketemu sama ibu saya yg sudah meninggal… dalam mimpi itu, ibu bilang kalau ibu bukanlah anak dari nenek saya, terus saya mengembalikan piring pada ibu saya & di situ saya menemukan kunci yg besar di tanah pasir….? apa arti mimpi saya pak ustad.

  19. don says:

    pak ustad. saya berminpi jumpa sama ibu saya, dan nenek saya yg sudah meninggal, tetapi saya memeluk nenek saya sambil sebut nama nya dan nangis……terima kasih

  20. Rizky kurniawan says:

    Kalau bermimpi bertemu teman yg sudah meningal lalau dia berpesan menyuruh puasa senin kamis apa artinya…

  21. rico says:

    Ass…ustadz..tadi malam saya bermimpi di ajak sholat malam oleh seorang ulama yang barusan meninggal yaitu habib munzir..maksudnya apa ya pak ustadz? Makasih sebelumnya…assalamualaikum

  22. arny says:

    Ass,,pak ustad saya bermimpi di kasih uang sama alm nenek saya,,itu artinya apa ya pak ustad??
    Terima kasih sebelumnya

  23. dian says:

    Assalamu Alaikum Pak Ustad, waktu sy hamil besar anak ke 2, sy bermimpi almarhum nenek dan tante datang ke rumah dan tanpa mengeluarkan sepatah katapun, nenek langsung memberi sy sebotol air dan menyuruh sy untuk minum, jadi saya meminumnya setengah botol dan rasanya seperti air dedaunan.
    Makasih..Wassalam

  24. Q bermimpi ketemu ma adik yg udh meningal sambil naik motor q d bonceng ma adik q? Bermimpi y

  25. rangga says:

    Assalamu Alaikum .. pak ustad saya mau tanya nih mohon jawaban nya nih ??
    pak ustad saya bermimpi bertemu dengan almarhum kakek saya yang sudah meninggal ..
    dia berbicara kepada saya kata beliau dia ingin seorang cucu ..
    memang kondisi kaka ipar saya sedang mengandung apakah arti mimpi itu pak ustad ..
    terima kasih pak ustad ..

  26. liayuniar says:

    Assalamualaikum pak ustad.. Barusan saya mimpi alm pacar saya, dia non-muslim, apakah kami yang berbeda (agama) ini masih bisa bertemu di mimpi? Ataukah bukan benar-benar roh dia? Mohon pencerahannya, terima kasih.

  27. bintang timur says:

    saya dahulu sering bermimpi bertemu alm. ayah. dan dalam mimpi tsb saya sadar bahwa ayah sudah meninggal. ini benar ayah atau setan yg menyamar? suatu saat pada waktu bermimpi bertemu ayah lagi saya bertanya padanya.,……’siapa sebenarnya engkau? apa benar engkau ayahku ataukah hanya setan yang mengaku-aku untuk menipuku’?. sejak saat itu tak pernah mimpi bertemu ayahku lagi.

  28. Wisnu says:

    Assalamualaikum. Saya mau tanya pacar saya sudah di fonis dokter hidupnya sudah tidak lama lagi. Dan dia bermimpi bertemu dengan seseorang yang sudah meninggal dan di tempat yang sangat indah. Saat dia sadar dia juga bertemu dengan malaikat. Ada yang warna putih dan juga ada yang warna hitam. Dan dia bermimpi kembali kalo dia bertemu malaikat dan malaikat itu berkata bahwa waktu nya sudah habis. . Mohon minta jawabannya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s