Naik Turun Iman


Oleh : Ustadz Wahfiudin

Saya pernah membaca tentang Hadits Nabi yang menyatakan bahwa iman itu terkadang bertambah terkadang berkurang. Secara pribadi, saya pun mengalaminya. Ada saat-saat di mana saya merasakan nikmatnya beribadah kepada Allah SWT, tetapi tidak jarang menghadapi hal sebaliknya.

Yang menjadi pertanyaan saya, bagaimana caranya agar keimanan kita minimal stabil atau bahkan lebih baik dari waktu-waktu sebelumnya ?

Dadang Nurhadi , Bandung

Jawaban :

Pertama, kata Rasulullah SAW, “Perbaharuilah selalu imanmu.” Ketika para sahabat bertanya bagaimana caranya, Rasulullah SAW berkata,”Dengan memperbanyak mengucapkan/dzikir Laa ilaaha illallaah.”

Kedua, tekun dan berdidiplin dalam menjalankan ibadah-ibadah yang wajib. Pada dasarnya segala sesuatu harus teratur, karena Allah SWT mencipta alam dengan keteraturan. Maka jangan biarkan diri larut dalam ketidakteraturan. Manakala terpaksa bertemu dengan ketidakteraturan, upayakanlah keseimbangannya di lain tempat dan kesempatan ■

Sumber : Konsultasi Agama , MIMBAR UMMAT, Kamis, 29 Juni 2000 / 26 Rabiul Awal 1421 H

ΩΩΩ

 

About these ads

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Aqidah, Wahfiudin and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s