Bertobat dengan Sedekah


Oleh : Ustadz Yusuf Mansur

Ustadz Yusuf Mansur, dulu ketika saya dan suami belum menikah, bisa dibilang kami banyak bermaksiat meskipun tidak sampi berzina. Sekarang kami sudah lima tahun menikah, tetapi kami belum dikarunia anak oleh Allah SWT. Apakah itu karena dosa-dosa kami dulu ? Saya ingin bertobat Ustadz, namun bagaimana caranya ? Apakah bisa bertobat dengan sedekah ? Serta bagaimana cara sedekah agar saya cepat hamil ? Sekian terima kasih.

SR , Semarang

Jawaban :

Ibu SR yang dirahmati Allah, syukur alhamdulillah Anda tekah sadar dan ingin bertobat selagi masih bernapas. Semoga Allah SWT menerima pertobatan Anda. Allah SWT berfirman dalam Al-Quran, “Katakanlah,’Hai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dia-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang’.”   ( QS Az-Zumar : 53 ).

Setelah bertobat, hindari dosa-dosa kepada Allah SWT. Perbuatan-perbuatan yang termasuk sepuluh dosa besar juga harus dihindari, yakni menyekutukan Allah, mengabaikan/melalaikan shalat, durhaka kepada orang tua, berzina, memakan rezeki haram, memutuskan silaturrahim, berjudi, mabuk-mabukan, kikir, dan mengunjing/fitnah.

Ibu SR yang dirahmati Allah, salah satu keutamaan sedekah memang untuk menghapus dosa-dosa. Jadi perbanyaklah sedekah, ajak suami dan anak untuk rajin sedekah. Selain itu tentu saja harus lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Caranya, meningkatkan ibadah wajib dan mulai rajin shalat dhuha, shalat tahajud dan shalat sunah lainnya.

Mengenai harapan memiliki momongan, Allah SWT menjanjikan akan memenuhi semua permintaan hamba-Nya. Oleh karena itu, jangan berhenti dan jangan bosan untuk selalu meminta dan berdoa kepada Allah agar hajat dan keinginan Anda dikabulkan. Selain itu, perbanyak sedekah sekurang-kurangnya mencapai 10% dari rezeki Anda. Santunilah para ibu yang sedang hamil dan penuhilah barang-barang yang mereka butuhkan.

Percayalah bahwa kebesaran Allah selalu lebih besar daripada semua permasalahan yang Anda hadapi. Kun fayakuun Allah kita hadirkan dengan sedekah. Wallahu a’lam ■

Sumber : Konsultasi Sedekah, Kisah Hikmah, Edisi 118, Minggu I-II Januari 2012

Entri Terkait :

About these ads

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Akhlak, Yusuf Mansur, Zakat, Infak, Sedekah dan Wakaf and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s