Penulisan Mushaf Usmani


Oleh : Ustadz Bachtiar Nasir

Ustadz, benarkah Khalifah Usman telah memaksakan mushaf Usmani kepada umat Islam dengan menghilangkan bacaan-bacaan lainnya yang dibolehkan pada zaman Nabi Muhammad SAW?

Hamba Allah

Jawaban :

Pada masa Kekhalifan Usman bin Affan, Hudzaifah bin al-Yaman pergi menghadap Khalifah dan mengadukan perihal perbedaan umat Islam dalam membaca Al-Quran. Penyebabnya, ketidaktahuan hikmah diturunkannya Al-Quran dengan tujuh huruf dan bolehnya membaca Al-Quran dengan semua huruf itu karena Allah SWT mewahyukan kitab suci dengan semua huruf tersebut.

Sebagian orang mengatakan, bacaan Al-Quran dengan hurufnya lebih benar daripada bacaan yang lain sehingga menimbulkan perdebatan di antara mereka. Padahal, Allah mewahyukan Al-Quran dengan semua huruf yang ada pada kitab tersebut untuk memudahkan mereka yang belum terbiasa dengan bahasa dan dialek kaum Qurays.

Lalu Hudzaifah berkata kepada Khalifah, “Wahai Amirul Mukminin, ambillah tindakan demi umat ini sebelum mereka berselisih tentang kitab mereka seperti orang Yahudi dan Kristen.”  ( Diriwayatkan oleh Bukhari ). Lalu, Khalifah Usman mengumpulkan para sahabat dan meminta pendapat mereka soal penyalinan kembali Al-Quran dalam dialek Qurays, yang dengannya Al-Quran diturunkan pertama kali.

Para sahabat pun menyetujuinya. Diriwayatkan dari Ali bin Abu Thalib, beliau menjelaskan bahwa Usman berkata, “Telah sampai kabar kepada saya bahwa sebagian umat ada yang berkata: ‘Bacaan saya lebih baik dari bacaan kamu,’ dan hal ini hampir jatuh kepada kekafiran. Maka, kami bertanya, ‘Apa pendapat Anda sendiri?”

Beliau menjawab, “Saya berpendapat untuk menyatukan umat Islam pada satu mushaf yang dengan itu tidak akan ada perbedaan dan perselisihan.” Dan kami menyatakan, “Sungguh suatu pendapat yang baik.” Kemudian Usman membentuk panitia yang terdiri atas 12 orang dari kaum Qurays dan Anshar, di antaranya Ubay bin Ka’ab dan Zaid bin Tsabit. ( Diriwayatkan oleh Abu Daud ).

Panitia ini melakukan tugasnya dengan menyalin kembali mushaf yang dikumpulkan pada masa Khalifah Abu Bakar dan menulisnya sesuai dialek Qurays. Hudzaifah menjelaskan, Usman mengirim utusan kepada Hafsah untuk meminta mushaf supaya disalin ke dalam beberapa mushaf, dan dikembalikan lagi kepada Hafsah.

Selanjutnya, Usman menyuruh Zaid bin Tsabit, Abdullah bin Zubair, Sa’id bin al-Ash, dan Abdurrahman bin Harits bin Hisyam untuk menyalinnya ke dalam beberapa mushaf dan menegaskan kepada tiga orang dari Qurays, “Jika kalian berbeda pendapat dengan Zaid mengenai sesuatu dalam Al-Quran, tulislah dengan dialek Qurays, karena Al-Quran itu turun dengan dialek mereka.” ( Diriwayatkan oleh Bukhari ).

Setelah naskah mushaf ini selesai lalu dibacakan kepada para sahabat di depan Usman, dan langkah berikutnya ia memerintahkan untuk mengirim mushaf  ke seluruh wilayah kekuasaan Islam dan membakar semua salinan tulisan Al-Quran lain. Mereka mematuhinya dan sikap ini wujud pengakuan kesahihan pengumpulan dan penulisan kembali mushaf yang dikumpulkan pada masa Abu Bakar.

Motif penyatuan mushaf dengan dialek Quraiys memang untuk menghindari perpecahan, tapi tidak berarti menghilangkan atau menghapuskan yang Allah turunkan, karena dialek tujuh huruf Al-Quran itu tetap dijaga dengan metode penyampaian talaqqi kepada orang-orang khusus yang ingin mendalami dan menguasainya. Wallahu a’lam bish shawab

Sumber : Konsultasi Agama, Republika, Rabu, 16 November 2011/20 Dzulhijjah 1432

ΩΩΩ

About these ads

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Al-Quran, Bachtiar Nasir and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s