Apa Maksudnya Setan Dibelenggu?


Oleh : Ustadz Bachtiar Nasir

Sering saya mendengar di berbagai pengajian bahwa saat Ramadhan setan-setan akan dibelenggu. Sebenarnya ini apa maksudnya Ustadz? Sebab, kenyataannya meski di bulan Ramadhan, saya masih melihat perilaku manusia yang tidak terpuji alias dipengaruhi setan.

Ummi Kultsum, Bekasi

Jawaban :

Masalah ini memang sempat membingungkan sebagian umat. Ada  yang mengatakan bahwa yang diikat hanya setan pembangkang ( maradah ), dan ada yang mengatakan semua setan dari kalangan jin. Kesimpulan dari berbagai pendapat para ulama mengenai hal ini adalah sebagai berikut.

1. Keterbelengguan setan hanya pada wilayah godaan setan ( waswasah ). Adapun makhluk setan dari kalangan jin dan afarit ( jamak dari ifrit ) tidak termasuk yang terbelenggu dalam bentuk fisik.

2. Peristiwa kesurupan dan gangguan mistis setan lainnya masih mungkin terjadi pada bulan Ramadhan, walau sangat kecil kemungkinannya menimpa orang yang sedang shaum pada bulan yang penuh dengan kebaikan ini.

Selain itu, kebanyakan orang melakukan berbagai ibadah dan ketaatan yang menutup jalan-jalan setan untuk mengganggu Muslim yang sedang berpuasa.

Dalam membahas masalah ini, ada empat hadis shahih yang biasa dijadikan sebagai sandaran pemahaman, yaitu:

1.  Dari Abu Hurairah dia berkata, Rasulullah SAW bersabda, “Ramadhan telah datang kepada kalian. Ia adalah bulan berkah, Allah SWT telah mewajibkan kepada kalian berpuasa. Di bulan itu pintu langit dibuka, dan pintu neraka jahim ditutup dan setan pembangkang dibelenggu. Demi Allah di bulan itu ada satu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Barang siapa yang tidak mendapat kebaikannya maka sungguh ia tidak mendapatkannya.” ( HR  Nasa’i – 2079 ).

Menurut Ibnu Taimiyah, maksudnya adalah karena pada bulan Ramadhan hati manusia senang pada kebajikan dan ringan mengerjakan amal saleh. Karena itu, terbukalah pintu surga sehingga menimbulkan kekuatan seseorang untuk menjauhi berbagai bentuk kejahatan dan menyebabkan tertutupnya pintu neraka, terbelenggunya setan-setan. Para setan tak mampu memperdayai orang yang berpuasa sebagaimana mudahnya menggoda ketika sedang tidak berpuasa Ramadhan. Belenggu itulah yang mengikat karena kekuatan setan sangat dipengaruhi oleh syahwat yang diperturutkan manusia. Jika mereka mengendalikan syahwatnya, terbelenggulah setan-setan. ( Tafsir Alkabir : 3 / 132 ).

2.  Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, “Bila bulan Ramadhan tiba, dibukalah pintu-pintu surga, pintu-pintu neraka ditutup dan setan-setan pun dibelenggu.” ( HR Muslim – 1793 ).

3.  Dari Abu Hurairah ra berkata, Rasulullah SAW bersabda, “Apabila bulan Ramadhan datang, pintu-pintu langit dibuka sedangkan pintu-pintu jahanam ditutup dan setan-setan dibelenggu.       ( HR Bukhari -1766 ).

4. Dari Anas bin Malik Al-Anshori, Rasulullah SAW bersabda, “Sekarang tiba bulan Ramadhan, karenanya pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan setan-setan dirantai.”

Ibnu Hajar menyampaikan penjelasan bahwa setan-setan tidak mudah dalam mencelakakan Muslim, sebagaimana mereka mampu melakukannya di luar Ramadhan. Sebab, Muslim tersebut sibuk dengan aktivitas puasanya sehingga terkendalilah syahwatnya. Selain itu, Muslim terbentengi ayat Al-Quran dan zikir-zikir yang dibacanya. Wallahu a’lam bish shawab.

Sumber : Konsultasi Agama, Republika, Rabu , 10 Agustus 2011/10 Ramadhan 1432 H

 ΩΩΩ

Entri Terkait :

  1. Benarkah Setan Dibelenggu Saat Ramadhan ?
  2. Apa Maksud Setan Dirantai ?
  3. Setan, Apa dan Siapa ?
About these ads

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Bachtiar Nasir, Puasa, Ramadhan and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s