Kapan Anak-anak Mulai Belajar Berpuasa ?


Oleh : KH Ali Mustafa Yaqub

Di usia berapa anak-anak bisa diajarkan berpuasa ? Anak saya usianya enam tahun, saya ingin mengajarkan latihan berpuasa tapi kadang-kadang khawatir kalau sampai sakit. Bagaimana sebaiknya ? Terima kasih.

Fitri , Depok

Jawaban :

Untuk masalah puasa, tidak ada keterangan khusus umur berapa seorang anak memulai menjalankan puasa. Tetapi, secara umum kewajiban menjalankan puasa dalam Islam mulai setelah anak mencapai usia akil balig. Usia akil balig ini tidak selamanya sama pada anak. Tapi para ulama berpendapat, akil balig anak perempuan jika sudah haid / menstruasi dan anak laki-laki jika sudah bermimpi dan mengeluarkan sperma.

Keterangan dalam hadis shahih tentang kewajiban menjalankan shalat, dikatakan, suruhlah anak kamu untuk menjalankan shalat apabila dia sudah berusia tujuh tahun dan pukullah mereka kalau sudah mencapai 10 tahun dan tidak mengerjakan shalat. Kalau dianalogkan, maka puasa bisa dilakukan pada anak usia tujuh tahun.

Tapi sebaiknya, sebelum mencapai umur tujuh tahun dan belum akil balig, anak dilatih dulu. Misalnya, berpuasa sampai waktu zhuhur dulu, tapi dia ikut sahur di malam hari dan saat zhuhur boleh makan sampai kenyang lalu melanjutkan puasanya lagi. Tahun depan berbukanya bisa sampai Ashar. Itu salah satu cara latihan.

Yang menjadi catatan, jangan sampai karena kesayangan ibu pada anak, lalu mengorbankan anak itu sendiri. Yakni, karena ibunya sayang sampai tidak mau menyuruh anak latihan puasa. Artinya, anaknya nanti tidak terbiasa menjalankan puasa.

Sumber : Konsultasi Ramadhan, Republika, Rabu, 11 Agustus 2010  /  1 Ramadhan 1431 H

Prof Dr KH Ali Mustafa Yaqub MA, Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta; Pengasuh Pesantren Luhur Ilmu Hadis Darus-Sunnah, Jakarta
Judul dari admin

 ΩΩΩ

Entri Terakhir :

About these ads

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Ali Mustafa Yaqub, Puasa, Ramadhan and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s