Mengapa Harus Puasa ?


Oleh : KH Achmad Satori Ismail

Puasa itu apa, kenapa harus puasa, kapan opersional puasa, di mana operasional puasa, dan bagaimana sistem puasa ? Terima kasih.

081380794xxx.

Jawaban :

Puasa adalah menahan diri dari segala yang membatalkan puasa dari sejak terbit fajar hingga terbenam matahari dengan disertai niat. Berpuasa wajib hukumnya karena diwajibkan oleh Allah dalam Al-Quran, juga terdapat dalam hadits dan merupakan kesepakatan ( ijma’ ) para ulama tentang kewajibannya.

Operasional puasa mulai dari terbit fajar hingga tenggelam matahari. Puasa diwajibkan atas Muslim yang baligh, berakal, sehat, kuat ( mampu berpuasa ), mukim ( tidak dalam perjalanan ) dan bagi wanita harus suci dari haidh dan nifas.

Puasa yang ideal adalah tidak hanya terbatas dari menjaga diri dari makan, minum, dan berhubungan suami-istri, namun puasa yang komprehensif meliputi peningkatan ketakwaan dengan menahan diri dari segala yang mengurangi nilai puasa, seperti : berkata nista, marah.dll, dan mengisi puasa dengan amalan-amalan uang utama dan dianjurkan.■

Sumber : Konsultasi Puasa, Republika, Senin, 2 Oktober 2006  / 9 Ramadhan 1427 H

ΩΩΩ

Entri Terakhir :

About these ads

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Achmad Satori Ismail, Fiqih, Puasa, Ramadhan and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s