Benarkah Zulaikha Istri Nabi Yusuf?


Oleh : Ustadz Bachtiar Nasir

Ustadz, tolong jelaskan tafsir surah Yusuf ayat 21, khususnya pada kalimat berikut: “Dan orang Mesir yang membelinya berkata kepada istrinya: ‘Berikanlah kepadanya tempat (dan layanan) yang baik, boleh jadi dia bermanfaat kepada kita atau kita pungut dia sebagai anak …”

Apakah kata “istrinya” pada ayat itu adalah Zulaikha? Sering kali saya mendengar dalam doa pernikahan nama Zulaikha disandingkan dengan Nabi Yusuf AS sebagaimana Adam dan Hawa, juga Muhammad dan Khadijah. Ustadz, betulkah Zulaikha adalah istri Nabi Yusuf ? Terima kasih atas penjelasannya.

Ekky – Denpasar.

Jawaban :

Sesungguhnya, tidak ada riwayat dan nash sahih yang menetapkan bahwa yang dimaksud dengan istri ‘al-aziz’ ( menteri ) dalam ayat di atas adalah Zulaikha dan tidak ada pula dalil yang sahih yang menetapkan bahwa Zulaikha dinikahi oleh Yusuf AS.

Menurut Imam Fakhrur Razi, munculnya nama Zulaikha adalah isra`iliyyat yang tidak ada dasarnya dalam Al-Quran. Para pakar hadis menjelaskan, dalam periwayatan tentang nama Zulaikha, ada dua orang perawi yang bermasalah, yaitu al-Kalbi dan al-Jaba’i. Al-Kalbi nama lengkapnya adalah Abu al-Nadhr Muhammad bin al-Sa`ib bin Bisyr al-Kalbi. Imam adz-Dzahaby menilai al-Kalbi sebagai seorang syiah yang hadisnya matruk (dusta). Adapun al-Jaba`i, bernama lengkap Syu’aib bin al-Aswad al-Jaba`i, termasuk ahli sejarah dari kalangan tabi’in.

Imam adz-Dzahabi dalam kitabnya Mizan al-I’tidal fi Naqd al-Rijal menuturkan pendapat al-Azadi, bahwa Syu’aib al-Jaba`i adalah seorang rawi yang matruk. Penilaian al-Azadi ini dikukuhkan juga oleh al-Imam Ibnu Hajar al-Asqalani dalam kitabnya Lisan al-Mizan. (Prof Dr Ali Mustafa Ya’qub MA).

Mengenai doa yang dibaca saat pernikahan yang menyandingkan Yusuf dengan Zulaikha sebagaimana harmonisnya Muhammad dan Khadijah atau kesetiaan Adam dengan Hawa tentunya sebuah kekeliruan besar yang tak dapat dibenarkan sebagai doa karena doa adalah bagian dari ibadah mahdhah yang harus dilandasi kebenaran bersumberkan Al-Quran dan sunah sahihah. Wallahu a’lam bish shawab. .

Sumber : Konsultasi Agama, Republika, Selasa, 14  Juni  2011 / 12 Rajab 1432

ΩΩΩ

Entri Terakhir :

About these ads

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Al-Quran, Bachtiar Nasir and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Benarkah Zulaikha Istri Nabi Yusuf?

  1. Rahmanabila says:

    Benar itu sebuah kebohongan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s