Tafsir ar-Ra’d 31


Oleh : Ustadz Bachtiar Nasir

Ada seorang ustadz yang menjelaskan tafsir Al-Quran surah ar-Ra’d ayat 31. Yakni, apabila kita mempelajari Al-Quran, kita akan bisa berbicara dengan orang yang sudah meninggal. Mohon penjelasan, terima kasih.

HM Mufti Muhammadi

Bekasi

Jawaban :

Tafsir kalimat ‘karenanya orang-orang yang sudah mati dapat berbicara ( QS ar-Ra’d [13] : 31 )’ adalah para mayat di alam barzakh sungguh akan dihidupkan dan berbicara dengan terang menjadi saksi atas kebenaran ayat-ayat Al-Quran. Hanya saja, kita yang masih hidup tidak dapat mendengarkan kesaksian ( pembicaraan ) mereka di alam barzakhnya.

Ungkapan tersebut pada hakikatnya untuk menegaskan tentang pengingkaran kaum kafir Quraisy. Sekalipun permintaan mereka dipenuhi, tetap saja mereka tidak akan meyakini kebenaran Al-Quran, sebagaimana permintaan mereka dalam sebab turunnya ayat ini.

Seorang Quraisy berkata, “Wahai Muhammad, jika engkau suka kami mengikuti ajaranmu, coba tundukkan dengan Al-Quranmu agar gunung-gunung di Makkah bisa bergeser sehingga menjadi luas tempat tinggal dan kebun-kebun serta wilayah kami, atau tundukkanlah angin dengan Al-Quranmu sehingga kami dapat menungganginya dan menjadi kendaraan kami dalam berdagang ke Syam, atau bangkitkan kembali Qushay bin Kilab ( dari kuburnya ) karena dia adalah sesepuh yang jujur atau orang-orang tua kami ( yang telah meninggal ) dengan harapan mereka semua menceritakan kepada kami tentang siapa dirimu dan mereka semua bersaksi untukmu tentang kebenaran perkataanmu.” Setelah itu, turunlah ayat ar-Ra’d 31.

Keingkaran mereka juga ditegaskan dalam ayat berikut: “Kalau sekiranya Kami turunkan malaikat kepada mereka, dan orang-orang yang telah mati berbicara dengan mereka dan Kami kumpulkan ( pula ) segala sesuatu ke hadapan mereka niscaya mereka tidak ( juga ) akan beriman, kecuali jika Allah menghendaki, tetapi kebanyakan mereka tidak mengetahui.” ( QS al-An’am [6] : 111 ).

 

Wallahu a’lam bish-shawab.

Sumber : Konsultasi Agama, Republika, Selasa,19 April  2011 / 15 Jumadil Awal 1432

ΩΩΩ

Entri Terakhir :

About these ads

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Al-Quran, Bachtiar Nasir and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Tafsir ar-Ra’d 31

  1. Anto says:

    Kalo gunung-gunung bisa bergoncang, dan bumi terbelah itu d alam barzakh juga?

  2. Sudirman AR says:

    Eksistensi orang-orang kafir karena mmg diberikan ruang oleh Allah utk menerima atau menolak. Dgn kemampuan membedakan yg salah dan benar dan kekuatan akal yg baik dipersilahkan bagi yang ingin beriman silahkan dan bagi yang ingin ingkar jg silahkan, namun ingat setiap pilihan ada konsekuensinya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s