Larangan Iri Dengki


Oleh : Ustadz Bachtiar Nasir

Ustadz, mohon jelaskan hukum iri dengki, dan bagaimana menyikapinya? Terima kasih.

Anton Kurnia, Serang
Jawaban :

Iri dan dengki ( hasad ) adalah sikap mental buruk dan menghancurkan diri seseorang yang menginginkan lenyapnya nikmat yang dimiliki orang lain atau berpindah dari tangan orang lain menjadi miliknya. Al-Quran sangat mengecam sifat iri dan dengki ini sebagaimana dengkinya orang-orang Yahudi.

Mengatasi penyakit dengki adalah dengan cara ikhlas dan ridha terhadap ketetapan dan pilihan Allah SWT, serta menyalurkan potensi iri positif (  ghibthah ) kepada hal-hal yang bermakna. Sebagaimana diriwayatkan Abdullah bin Mas’ud, “Nabi SAW bersabda,’Tidak boleh mendengki, kecuali terhadap dua hal, yakni ( terhadap ) seseorang yang Allah berikan harta lalu dia pergunakan harta itu di jalan kebenaran, dan seseorang yang Allah berikan hikmah, lalu dia mengamalkan dan mengajarkannya kepada orang lain.” ( HR Bukhari : 71 ).

Sedangkan, menghadapi kejahatan dengki adalah dengan selalu memohon perlindungan kepada Allah SWT, seperti membaca tiga surat pelindung ( Al-Ikhlas, al-Falaq, dan an-Naas ). Juga membaca walillahilhamd ketika dipuji oleh orang, karena kedengkian sering pula diekspresikan dengan pujian yang bertujuan menjatuhkan atau menghinakan.

Wallahu a’lam bish-shawab.

Sumber : Konsultasi Agama, Republika, Sabtu, 16 April  2011 / 12 Jumadil Awal 1432

ΩΩΩ

Entri Terakhir :

About these ads

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Akhlak, Bachtiar Nasir and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s