Hukum Puasa Nazar


Oleh : Ustadz Bachtiar Nasir

Ustadz, apakah hukumnya melakukan puasa nazar? Benarkah hukumnya mubah? Bagaimana hukumnya bila saya berniat nazar namun tidak menentukan waktu atau batas puasanya? Selain puasa, apakah ada hal atau kegiatan lain yang dapat dikatakan nazar? Mohon penjelasan, terima kasih.

Hamba Allah

Jawaban :

Hukum bernazar adalah mubah / boleh. Namun, jika kita telah bernazar (sudah niat nazar), hukumnya wajib dilaksanakan karena nazar merupakan janji — utang yang harus ditunaikan seseorang — hamba pada Allah.

Bentuk nazar tidak hanya puasa, tetapi juga bisa dengan bentuk ibadah lain yang disyariatkan seperti sedekah, tilawah Al-Quran, umrah, atau lainnya. Juga disyaratkan untuk sesuai syariat Nabi Muhammad SAW dan ditentukan kadarnya.

Wallahu a’lam bish-shawab.

Judul asli : Puasa Nazar

Sumber : Konsultasi Agama, Republika, Jumat, 15 April  2011 /  11 Jumadil Awal 1432

ΩΩΩ

Entri Terkait  :

  1. Nazar Puasa Senin Kamis
  2. Punya Nadzar
About these ads

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Bachtiar Nasir, Fiqih, Puasa and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

119 Responses to Hukum Puasa Nazar

  1. hasanullah says:

    bolehkah puasa nazar diqadha ?
    misalnya saya bernazar akan berpuasa besok, ternyata keesokan harinya saya tidak jadi berpuasa, pertanyaan saya, bisakah puasa nazar saya itu saya lakukan pada hari yang lain ?
    terima kasih.

  2. hasanullah says:

    bolehkah puasa nazar diqadha ?
    misalnya saya bernazar akan berpuasa besok, ternyata keesokan harinya saya tidak jadi berpuasa, pertanyaan saya, bisakah puasa nazar saya itu saya lakukan pada hari yang lain ?
    terima kasih.

    ————————————————-

    Hukum melaksanakan nazar itu wajib. Kalau pada waktunya ada kendala yang sifatnya syar’i, seperti sakit yang tidak memungkinkan puasa, bisa dilakukan pada hari lain, secepatnya setelah sembuh.

    • susantu says:

      Assalammualaikum, Saya maw bertanya apa bila saya bernazar puasa selama dua minggu tapi saya baru melaksanakan 4 hari berpuasa. apakah bisa diganti dilain hari..
      Mohon baantuan ya Ustad,,..

  3. Arman says:

    Adakah hari untuk bernazar dtetapkan.cnth nya hri kamis atau jumaat.?

    —————————————————–

    Nazar berpuasa bisa dilakukan pada hari apa saja sesuai dengan nazar kita, mau hari apa. Tapi, tentu tidak bisa pada bulan Ramadhan, karena kita wajib berpuasa, atau pada hari-hari kita terlarang untuk puasa, yaitu pada Idul Fitri & Idul Adha, serta hari-hari tasyrik ( 11 — 13 Dzulhijjah )

  4. nurul adnin says:

    Apakah HUKUM berpuasa nazar tetapi terlupa membaca lafaz niat ?

    ————————————————–

    Niat itu kan perbuatan hati, apakah dilakukan dengan ikhlas atau tidak. Jadi tidak ada keharusan untuk dilafazkan.

  5. berri says:

    Assalamualaikum, bagaimana bila kita menjalankan puasa nazar, namun yg kita niatkan itu belum terjadi/belum dikabulkan permohonan kita

    —————————————

    Waalaikumussalam,

    Nazar merupakan janji seseorang kepada Allah untuk melakukan sesuatu yang diridhai-Nya. Misalnya Anda berjanji kalau berhasil mendapatkan pekerjaan akan bersedekah kepada fakir miskin sebesar setengah dari gaji pertama Anda. Jadi harus secara tegas dinyatakan nazarnya apa dan syaratnya apa ( mendapatkan pekerjaan, misalnya ).

    • Vita says:

      Assalamualaikum, ustadz. Saya mau bertanya. Saya punya niat unk brnadzar yaitu puasa selama 5 hr dg niat agar saya mendapat petunjuk dan jawaban dri Alloh swt mengenai masalah yg sdang saya hadapi. Sya blm mendapat jawaban dr niat trsbut tetapi sya sudah melaksanakan puasa, apakah it ttp trmasuk puasa nadzar? Trma kasih

  6. katuk says:

    apakah kita bisa mengubah nazar kita sebelum dikabulkannya permintaan kita,, saya merasa nazar saya terlalu berat bila dilaksanakan, niat saya untuk memperingan nazar saya

    ——————————————

    Janji kepada siapa pun harus dipertimbangkan dulu mampu tidak menepatinya, apalagi nazar yang merupakan janji kepada Allah. Berusahalah semampunya untuk menunaikan nazar itu kalau memang memungkinkan untuk itu. Tapi jangan lupa istighfar (memohon ampun kepada Allah).

  7. irah says:

    sy pernah bernazar pada tahun lepas untuk berpuasa selama sebulan berturut2..tp sy terpksa berhenti puasa untuk seketika disebabkan sbb2 tertentu dan slah satunya adalah kerana sy seorang perempuan..bolehkah sy perlu mnyambung puasa sy yg dtngglkan ataupun perlu di mulakan balik..??sekiranya sy x mmpu mlksanakan selama sbulan secara berturut2,boleh x sy mnyumpurnakan puasa nzar sy secara sedikit……………… . . . . . . . . .. .. hhuhuuhh

    ——————————————–

    Seorang yang bernazar puasa selama sebulan berturut-turut, mungkin saja akan terhenti karena alasan-alasan yang syar’i, seperti haid atau sakit. Perempuan yang haid terlarang untuk berpuasa. Dan bagi yang sakit pada bukan Ramadhan pun boleh tidak berpuasa.

    Jadi, Anda bisa meneruskan lagi puasa setelah haid selesai, atau kalau sakitnya sudah sembuh. Tapi kalau puasa Anda terhenti karena malas puasa, misalnya, maka harus diulang lagi puasanya dari awal.

  8. candra says:

    ustat bagaimana jika kita bernazar sesuatu tapi baru kita kerjakan enam tahun yang akan datang.apakah akan berdosa?

    ————————————————-

    Nazar itu merupakan janji seseorang kepada Allah, bahwa ia akan melakukan sesuatu ( yang bernilai ibadah dan diridhai-Nya ), bila ia berhasil mendapat pekerjaan yang layak, misalnya. Dan tentukan kapan akan dilakukannya, misalnya setelah yang ia harapkan sudah tercapai.

    Kalau Anda, misalnya, bernazar akan membantu sepuluh orang miskin setelah berhasil menyelesaikan kuliah. Dan kuliahnya baru selesai setelah 5 tahun, maka lakukanlah pada saat itu.

    Sebuah janji, apalagi kepada Allah, harus ditepati. Bila kita dengan sengaja melalaikannya tentu berdosa.

  9. farah batrisya says:

    puasa nazar ni kena ganti sekali gus ke?contoh dia nazar 3 hari adakah dia kena gnti sekali gus 3 hari?

    ———————————————–

    Maaf, saya tidak memahami apa yang Anda maksudkan. Mungkin maksud Anda bila bernazar puasa tiga hari berturut-turut, maka harus dilakukan demikian, tiga hari sekaligus.

    Terima kasih.

  10. scha says:

    assalamualaikum,ustaz.,btol ke nazar perlu diucap secara lisan?kalau dlm hati,x dikira nazar?boleh x kalau sy nak bernazar mcm ni:klu lulus exam,sy nak puasa 3 hari berturut2.

    ———————————————-

    Wa’alaikumussalam,

    Nazar itu kan janji kepada Allah, walaupun itu tidak diucapkan secara lisan Anda wajib melaksanakan nazar tersebut. Kalau Anda lulus exam, segeralah berpuasa selama 3 hari berturut-turut.

    Maaf, saya terlambat menjawabnya.
    Terima kasih.
    Salam

  11. Fitry Rasyid says:

    bagaimana, jika saya bernazar dengan puasa 2 hari, apakah harus nazar tersebut di bayar 2 hari berturut2 ataukah bisa tdk secara berturut2, misalnya hr ini puasa kemudian yg seharinya lg di bayar minggu depan????

    ——————————————–

    Sesuai dengan nazar atau janji Anda, apakah nazarnya berpuasa 2 hari berturut-turut atau hanya sekedar akan puasa 2 hari dan pelaksanaannya tidak disebutkan berturut-turut. Kalau nazarnya puasa berturut-turut, maka lakukanlah begitu, sesuai nazar Anda.

  12. scha says:

    assalamualaikum ustadz,sy ada terbaca hukum nazar makruh/di larang jika kita bernazar seperti: Nadzar Muqoyyad yaitu nadzar yang disertai syarat imbal balik, misal : “Kalaulah Allah menyembuhkan penyakitku, maka aku akan puasa satu hari”.tapi kalau sy dah bernazar mcm ni,wajib ke sy buat?minta penjelasan ustadz..terima kasih.

    ————————————–

    Nazar itu hukumnya mubah / boleh, yaitu bernazar untuk melakukan sesuatu yang diridhai Allah, dengan bersyarat atau tidak. Nazar Anda di atas syaratnya adalah kesembuhan dari penyakit. Dan bila Anda sembuh segeralah melaksanakan nazar tersebut, yaitu berpuasa. Nazar merupakan janji kita kepada Allah yang wajib kita penuhi.

  13. Ana says:

    Assalamualaikum ustaz…
    Saya dah 2 tahun berkahwin tp masih tidak dikurniakan zuriat. Saye pernah bernazar untuk puasa setiap hari isnin dan khamis sehinggalah saya mengandung. Mula2 saya mmg dpt melakukannya. Tapi lama kelamaan saya merasakan berat untuk melakukannya. Apa hukumnya? Saya bakal menunaikan umrah pada bulan puasa tahun ini selama sebulan. Saya risau bila mengingatkan nazar yg tidak dapat saya lakukan sepenuhnya itu.

    —————————————————

    Wa’alaikumussalam,
    Nazar atau janji Anda kepada Allah untuk berpuasa setiap Senin dan Kamis kalau punya keturunan wajib Anda laksanakan karena Anda sudah punya keturunan. Bila mau bernazar harus dipertimbangkan dulu apakah bisa melaksanakannya atau tidak. Dan dalam nazar Anda tidak disebutkan sampai kapan dan berapa lama puasanya, sehingga Anda merasa berat untuk melaksanakannya. Seharusnya ditentukan puasanya berapa lama dan kapan akan dilakukan.

    Untuk itu, Anda harus beristighfar dan membayar kifarat yamin ( sumpah ) dengan memberi makan 10 orang miskin dengan standar makanan yang biasa Anda makan.

    Semoga ibadah umrah Anda berjalan lancar dan maqbul.

  14. estry says:

    assalamu’alaikum ustadz,….saya mo nanya apakah nazar d anjurkan apabila kita menginginkan sesuatu..dulu waktu kecil saya pernah nazar kalau saya mendapatkan haid saya akan rajin sholat..apakah itu termasuk nazar sedang waktu itu saya belum mengerti bener soal nazar..dan setelah saya mendapat haid,saya msh jg belum bsa rajin sholat..

    ——————————————-

    Wa’alaikumussalam,

    Kalau kita menginginkan sesuatu kita wajib berusaha dan memohon kepada Allah, tentu untuk keinginan yang baik-baik, tidak boleh menginginkan sesuatu yang buruk.

    Sedangkan nazar itu mubah atau boleh. Nazar pada hakikatnya adalah janji seseorang kepada Allah untuk melakukan sesuatu yang diridhai-Nya. Misalnya, Anda berjanji dalam hati akan lebih rajin belajar kalau ujian semester nilainya bagus. Dan itu wajib Anda laksanakan, janji kepada teman saja tidak boleh diingkari, apalagi kepada Allah.

    Sedangkan nazar yang dilakukan tanpa pemahaman yang tepat sehingga tidak mengerti nazar itu apa, mungkin tidak menjadi masalah karena ketidaktahuannya itu. Tapi, nazar atau tidak, Anda tetap wajib untuk rajin shalat.

    OK, semoga semakin rajin shalatnya.

  15. nisa says:

    assalamualaikum ustadz, saya mau nanya : misalnya nih kita sdh kelas 3 ga lama lagi akan menghadapi UN, tiba2 kita mengalami sakit lalu kita punya nazar “kalo saya bsa cepet sembuh saya akan puasa selama seminggu berturut2”, tapi di lain waktu ktika kita blm sembuh kita punya nazar lgi “kalo saya lulus UN saya akan puasa slama seminggu berturut2”.
    Nah pertanyaan saya bsa ga kita puasanya selama seminggu berturut2 aja, jadi maksudnya nazar yang biar cepet sembuh sama lulus disatuin??? semoga pertanyaan saya di mengerti :)

    ——————————————

    Wa’alaikumussalam,

    Dalam kasus yang Anda sebutkan di atas, terjadi dua nazar, yaitu kalau sembuh akan puasa selama seminggu berturut-turut, dan kalau lulus UN, juga akan puasa seminggu berturut-turut. Oleh karena itu, kedua janji kepada Allah itu harus dilakukan secara terpisah. Segeralah laksanakan nazarnya ( puasa seminggu ) setelah betul-betul sembuh, dan begitu mengetahui UN-nya lulus segeralah puasa selama seminggu.

  16. reza aristo brilliansyah says:

    asslamua’alaikm,,saya pernah dihadapkan dengan suatu masalah kemudian saya bernazar; jika Allah segera melepaskan masalah rumit tersebut dari saya maka saya akan puasa setiap hari selama 2 minggu, saya bernazar sudah setahun lebih tpi belum saya penuhi karena saya meras berrat ketika memprktekannya,,.dosakah sya jika menunda2 untk menepati nzar saya dan bolehkah diganti dengan perbuatan atau ibadah lainnya??trima kasih sebelumnya,,wassalam

    —————————————————

    Waalaikumussalam,
    Saya kira kalau puasa hanya dua minggu itu tidak berat, bahkan puasa Ramadhan juga selama sebulan. Tapi kalau memang Anda benar-benar merasa berat, karena sakit misalnya, Anda wajib membayar kifarat, yaitu dengan memberi makan 10 ( sepuluh ) orang miskin dengan standar makanan yang biasa Anda makan.

    Untuk lebih jelasnya barangkali Anda bisa konsultasi dengan ulama sekitar Anda.

    Wassalam.

  17. iis says:

    hari ini saya lupa kalau harus puasa nadzar, pagi hari setelah minum baru saya ingat kalau harus puasa nadzar, pertanyaan saya setelah ingat apakah saya langsung melanjutkan puasa hari itu juga atau mengqodlo’ puasa esoknya?

    —————————————

    Kalau pada malamnya sudah niat puasa, kemudian paginya lupa dan minum, puasanya bisa Anda lanjutkan, karena minum karena lupa tidak membatalkan puasa. Tapi kalau sebelumnya tidak berniat puasa, Anda harus melaksanakan puasa nazarnya esok hari.

  18. Pak mau tanya saya bicara di dalam hati tetapi tidak melafazkan aku bernadzar… yang apabila dapat duit tunjangan ini akan saya pakai untuk sedekah.. Qur’an for dai…, ini sudah dianggap nadzar atau belum??? Kalau umpama saya pakai sebagian dari sejumlah tunjangan tersebut untuk sedekah bentuk lain : contoh sedekah untuk wakaf selain Wakaf Qu’ran boleh nggak??? Mohon jawaban. Terima kasih.

    ———————————————-

    Kalau Anda sudah bernadzar, walau di dalam hati, tetap harus Anda laksanakan. Nadzar itu merupakan janji kita kepada Allah, dan janji kepada-Nya tidak harus terucapkan. Kecuali kalau Anda pada waktu itu baru mempertimbangkan sedekahnya dalam bentuk apa dan seberapa besar. Jadi apakah waktu itu sudah Anda putuskan atau belum akan sedekah ‘Qur’an for Dai’? Kalau belum diputuskan artinya Anda belum bernadzar, dan bisa diganti dengan sedekah yang lain.

  19. Wulan says:

    Kalau kita menambahkan syarat dlm nazar , apakah waktu puasa juga harus dtambah pak ustadz ?

    ——————————————————

    Nazar itu merupakan janji kita kepada Allah untuk melakukan sesuatu yang diridhai-Nya,seperti puasa sunah, akan bersedekah, menolong seseorang dsb. Dan nazar itu bisa memakai syarat atau tidak.

    Yang menjadi syarat tentu harus sesuatu yang baik, misalnya kalau lulus UN, saya akan puasa tiga hari. Kalau kita berjanji dalam hati bahwa mulai Senin depan akan berpuasa selama seminggu, ini juga nazar tapi tidak mensyaratkan apa-apa. Jadi syarat tidak menentukan kadar dari nazar itu. Bisa saja beberapa orang syaratnya sama nazarnya berbeda. Misalnya, si A menyatakan, kalau lulus UN akan sedekah kepada lima orang , masing-masing sebesar 10 ribu. Kalau si B akan sedekah 20 ribu/orang sebanyak sepuluh orang.

    Demikian, semoga bermanfaat.

  20. upehh says:

    Seandainya saya bernadzar berpuasa senin kamis selama 3 bulan berturut-turut, namun pada saat hampir selesai, saya tiba-tiba lupa bahwa saya harus berpuasa pada hari itu. Apakah saya harus mengulang dari awal? Atau penyakit lupa saya dapat dimaafkan karena saya benar2 sangat lupa dan tidak sengaja lupa sehingga saya dapat melanjutkan nadzar saya atau bila perlu menambah satu hari lagi untuk menebus yang lupa tadi? Terima kasih.

    —————————————–

    Lupa merupakan suatu hal yang sulit diatasi, sehingga Allah pun bisa memaafkannya. Seorang yang sedang berpuasa Ramadhan, pagi-pagi sarapan karena lupa, itu tidak membatalkan puasanya. Atau orang yang betul-betul lupa belum shalat Dhuhur, misalnya, ia baru ingat setelah Ashar, maka ia bisa shalat Dhuhur saat itu.

    Oleh karena itu, Anda tinggal menambah kekurangannya saja.

  21. ellyana says:

    saya pernah bernazar akan berpuasa 3hri jika sya lulus smp,dan saya lupa dngan nazar it. . pda sat saya akan menghadapi ujian sma saya ingat. gtrus saya berpuasa.gmana nazar sya?

    ——————————————–

    Nazar sebagai sebuah janji kepada Allah, sedang Anda benar-benar lupa, Allah tentu akan memaafkannya. Yang penting benar-benar lupa, bukan melupakan.

    Jadi sama seperti jawaban di atas, seorang yang lupa shalat wajib (benar-benar lupa) , ia wajib shalat ketika ia ingat bahwa ia belum shalat. Oleh karena itu, ketika Anda ingat belum menunaikan nazar, cepat-cepatlah laksankan nazar yang terlupa itu.

  22. hati68 says:

    saya ada bernazar untuk berpuasa sehari jika masaallah saya yg rumit dpt diatasi segera… saya sedang berpuasa nazar, tiba2 terpaksa keluar rumah, ada kerja boleh kah saya batalkan puasa saya? dan gantikan puasa pada hari lain. terima kasih

    ———————————————————

    Kalau pekerjaan Anda tidak memungkinkan Anda berpuasa, misalnya Anda harus menempuh perjalanan yang jauh, maka Anda bisa membatalkan puasa. Tapi kalau pekerjaan Anda masih bisa dikejakan sambil berpuasa, maka tetaplah berpuasa.

  23. LIA says:

    Assalam ustaz..saya nak tanya saya ada bernazar..sekiranya adik sya dapat kerja saya akan berpuasa 3 hari (masa tu dia dapat temuduga) tapi dia tak dapat kerja tu..tapi sya berfikir balik sebab saya lupa samada saya tujukan nazar tu khas utk kerja yg dia tengah interview @ apa2 pekerjaan yg bakal dia dapat nanti..jadi persolalan saya perlukah saya berpuasa sekiranya dia dapat kerja lain? sebab saya sangat2 lupa..
    TERIMA KASIH

    —————————————————

    Waalaikumussalam,

    Apabila adik Anda sudah dapat pekerjaan sebagaimana yang Anda maksudkan dalam nazar itu, maka Anda wajib melaksanakan nazarnya, yaitu berpuasa 3 hari. Tapi bila adik Anda mendapatkan pekerjaan yang tidak sesuai dengan nazar Anda, maka Anda tidak wajib menunaikan nazar tersebut.

  24. :) says:

    assalamualaikum. saya susah untuk sembahyang sebelum ni. dan saya pernah meminta sesuatu “kalau aku dpt ni, aku start sembahyang balik”. tapi sy terlupa. saya tak solat juga. sekarang sy dah mula kembali sembahyang alhamdulillah. tapi teringat dengan perkataan ini yg saya sebut lama dulu, apa hukum dia ya?

    ——————————————–

    Waalaikumussalam,

    Alhamdulillah, syukurlah kalau Anda sudah sembahyang lagi. Sembahyang merupakan kewajiban kita, karena itu bertobatlah dengan memohon ampun kepada Allah SWT,menyesali yang telah lalu dan bertekad untuk memperbaiki diri dengan lebih rajin sembahyang wajib ditambah dengan yang sunnah. Semoga Anda bisa istiqamah ( konsisten ) di jalan-Nya.
    Amin.

    • Fatia says:

      Ass ??
      Bagaimana kalau nazarnya dilakukan sebelum kita dapatkn yg kita ingnkan atau kita rncanakan ?

      ———————————————

      Waalaikumussalam,

      Apabila kita lakukan sebelum kita mendapatkan yang kita inginkan, tentu sangat baik, karena dengan itu semoga apa yang kita inginkan dapat tercapai dengan baik. Tetapi ketika nazar seseorang sudah menyatakan apabila yang diinginkan berhasil diperoleh akan puasa, sedekah atau amal baik lainnya, maka tetap harus dilaksanakan sesuai dengan perjanjiannya tersebut.

  25. :) says:

    assalamualaikum, saya ingin tanya lagi, sahkah puasa saya jika saya sekalikan puasa nazar dan puasa sunat bulan rejab? dan bagaimana niatnya?

    ———————————

    Waalaikumussalam,

    Puasa yang kita nazarkan hukumnya menjadi wajib, tentunya tidak bisa disatukan dengan puasa sunnah. Jadi harus dilakukan masing-masing secara terpisah. Niat apa pun cukup di dalam hati saja.

  26. Assalamualaikum ustaz,…..saya bernazar ganti puasa 30 hari,…bagaimana saya nak niat kalau saya nak puasa ganti tu?

    ————————————-

    Waalaikumussalam,

    Mengganti puasa yang Anda maksudkan itu mengqadha puasa Ramadhan ? Kalau Anda batal puasa Ramadhan, karena sakit misalnya,Anda wajib mengqadhanya atau menggantinya.

  27. gita says:

    assalamualaikum, ustadz, saya mau tanya
    bolehkah kita mengubah nazar? misalnya, saya bernazar puasa 4 hari berturut2 pada tgl 1, tapi karena sebab tertentu saya ingin mengubah harinya menjadi tgl 10… apakah itu boleh?

    ————————————

    Waalaikumussalam,

    Kalau alasan Anda mengundurkan waktunya karena alasan tertentu yang dibolehkan secara syar’i, seperti sakit dan dilarang puasa oleh dokter terpercaya, Anda boleh mengundurkannya.

    Tapi kalau alasannya tidak kuat, tentu tidak boleh. Nazar adalah janji seseorang kepada Allah yang harus ditepatinya dengan baik.

  28. susanti says:

    Assalamualaikum ustad, saya maw bertanya apabila saya bernazar puasa selama dua minggu tapi saya baru melaksanakan 4 hari apa bisa diganti dilain hari. Mohon bantuannya..

    ———————————-
    Waalaikumussalam,

    Kalau ada alasan yang kuat, seperti sakit atau bepergian jauh, boleh saja diundurkan. Tapi kalau karena kemalasan atau alasan yang kurang kuat, tentu tidak boleh.

    • susanti says:

      Ooh gtu yah ustad,,
      saya kurang tau ustad..
      Maaf sebelumnua ustad kalo gtu saya harus gmana yah,apa saya harus membayar nazar saya dengan berpuasa atau dengan yang lain..mohon bantuannya ustadz..
      Makasaih sebelumnya ustad udah mau bales email saya.

  29. tamaramawahdahanggraini says:

    ustadz saya mahu tanya misalnya kita lupa berapa puasa nazar kita bagaimana hukumnya

  30. wulan says:

    assalamualaikum. ustadz 2hari yg lalu sy bernadzar akan puasa pd hari ini, tapi tadi sy kesiangan jadi tidak sahur. sy pzti lemas ustadz jka tdk sahur karna sy bkerja dilapangan.. apakah boleh jka sy ganti dihari lain??apakah sy hrus terima konsekuensinya,sahur tdk sahur ya mezti puasa ustadz??. terima kasih.

  31. azung says:

    Assalammualaikum, Saya maw bertanya apa bila saya bernazar puasa selama dua minggu tapi saya baru melaksanakan 4 hari berpuasa. apakah bisa diganti dilain hari..
    Mohon baantuan ya Ustad,,..

  32. Hamba Allah says:

    Pak Ustad, saya pernah bernazar akan puasa menyelesaikan hutang puasa saya tahun kemarin selama 7 hari.
    Tapi, sebelum saya tau do’a saya terkabul / tidak, saya sudah membayar puasa itu 3 hari, setelah do’a saya terkabul, saya harus puasa tetap 7 hari / tinggal 4 hari?

  33. Bayu says:

    Assalammualaikum…
    Saya bernazar bila saya lulus un dan dpa t msuk skolah yg saya inginkan, saya akan berpuasa satu hari…
    Alhamdulilah Saya sudah lulus, apakah saya boleh membayar nazar saya??walaupun belum msuk ksekolah yg saya ingin…
    Harap dijawb pak ustad,
    trimakasih

    ——————————————–

    Walaikumussalam,

    Syarat yang ditetapkan Anda dalam bernazar ada 2 ( dua ) : lulus UN dan dapat masuk ke sekolah yang diinginkan, sehingga Anda baru wajib menunaikan nazar ketika kedua syarat itu sudah terpenuhi.

    Tapi sebagai rasa syukur Anda kepada Allah karena telah lulus UN, tentu sangat baik kalau Anda berpuasa sunnah. Jadi karena syarat kedua belum terpenuhi, maka Anda belum wajib melaksanakan puasa nazar.

  34. Bayu says:

    Assalammualaikum…
    Saya mau brtanya pak ustad, apakah membayar puasa nazar itu ada niatnya??

    ————————————————-

    Waalaikumussalam,

    Setiap amal tentu harus disertai niat di dalam hati, tidak harus diucapkan. Niatkan puasa Anda semata-mata karena Allah, bukan untuk yang lain.

  35. Bayu says:

    Tapi misalnya saya gak berhasil msuk ksekolah yg saya inginkan…
    Apakah saya harus membayar nazar saya pak ustad??
    Dan apa hukumnya bila tetap saya kerjakan puasa nazar saya??

    ——————————————————

    Keberhasilan Anda masuk ke sekolah yang diinginkan menjadi syarat kedua dalam nazar Anda, sehingga kalau tidak tercapai berarti Anda tidak berkewajiban untuk melaksanakan nazar tersebut. Tapi kalau mau puasa , itu merupakan puasa sunnah, dan itu tentu sangat baik.

  36. Bayu says:

    Terima kasih banyak ya pak ustad.
    Assalammualaikum

    ———————————————

    Waalaikumussalam,

    Terima kasih juga atas kehadiran Anda di sini. Semoga apa yang Anda harapkan bisa tercapai. Amin .

  37. qasbah says:

    bagaimana dengan puasa nadzar yg tidak di laksanakan/mengingkarinya ustad…………????????
    mohon di balas segera………..

  38. yusnita says:

    Assalamualaikum….
    saya pernah bernadzar, jika ibu sy sembuh sy akan puasa sebulan penuh, dan Alhamdulillah ibu sy sembuh. tp sy msh berpuasa sekitar 2 mnggu, itupun ada 2 hr yang sy lewati, tdk berturut2. sy koq berat utk membayarnya ya ustadz (malas). apakah ada cara lain utk membayarnya selain puasa? dan apa hukumnya

  39. anhy says:

    ass,wr.wb,,,
    saya pernah brnasar jika om z brhasil bulan 4 maka saya akan berpuasa,tpi ternyata om saya berhasil d bulan 6,apakah saya harus membyar nasar tersbut,,,
    sblum’y trima ksih atas jwaban’y,,,,,,,,,

  40. Shoimun says:

    Assalamualaikum, Ustad. Saya bernazar, jika permohonan saya terkabul maka saya akan berpuasa nazar. Dan do’a saya pun terkabul namun, saya bernazar 2 kali. Bagaimana cara berpuasa nazar untuk hutang 2 kali ini?

  41. lia says:

    apakah bs dikatakan nazar, jika sy prnh brjanji akan puasa 7 hari jk sy mengulang kesalahan sya?

  42. Hasan says:

    Bagaimanakah niat puasa nazar tsb? terimakasih.
    Wassalamualaikum

  43. fatkhu alfi kh says:

    ass.. ustad..
    saya dulu bernazar apabila saya mendapat rengking 1 saya akan berpuasa 1 bulan pada bulan januari,tetapi pada saat melaksanakanya saya merasa berat. dan saya blm melaksanakanya. bagaimana ustad cara mengganti nya?..

  44. Risana says:

    Assalamualaikuam..
    Ustad saya mau nanya,,suami saya pernah bernazar apabila kakinya yg patah saat kecelakaan sembuh akan bernazar puasa daud selama setahun,,tapi sekarang setelah sembuh suami sy merasa terlalu berat melaksanakan nazarnya..pertanyaan saya bisa kah nazarnya di ganti dengan bersedekah atau ibadah yg lain..mohon jawabannya ustad..terima kasih

  45. Nur Afwan says:

    asalamualaikum ya ustaz..
    saya Nur, saya dari Malaysia… Saya bercadang ingin bernazar demi kejayaan saya dalam sebuah peperiksaan yang amat penting iaitu Peperiksaan Penilaian Menengah Rendah.. Saya akan menunaikan nazar puasa saya hari tertentu sebelum peperiksaan itu tiba.. Perlukah saya menunaikan nazar sekali lagi andai saya berjaya??

    —————————————

    Wa’alaikumussalam,

    Nazar itu merupakan janji kita kepada Allah untuk melakukan sesuatu yang diridhai-Nya dengan syarat tertentu, misalnya kalau Anda berjaya dalam peperiksaan akan bersedekah kepada fakir miskin. Kalau kita lakukan sebelumnya merupakan sebuah penguatan upaya kita dalam berdoa dan berusaha agar diberikan kumudahan oleh Allah SWT.

    Salam buat ikhwan dan akhwat di Malaysia.

  46. Hamba Allah says:

    Assalamualaikum..
    Sy punya utang nazar 9 Hari ketika utang nazar ingin saya bayar bulan ramadhan tinggal 2 minggu lagi.
    Dapatkah nazar saya bayar setelah bulan ramadhan ?? krn sy mendengar pada saat bulan Sya’ban kita tdk dapat berpuasa uztad,

    Mohon pencerahannya uztad

    ———————————————

    Wa’alaikumussalam,

    Nazar itu kan disertai syarat tertentu, misalnya kalau lulus ujian akan puasa selama 1o hari, maka begitu diketahui kelulusan itu, segeralah tunaikan nazar tersebut.

    Kalau belum terbayarkan nazar tersebut karena datangnya Ramadhan, tentu dilakukan setelah Idul Fitri. Tapi sekarang pun bisa Anda lakukan, pada bulan Sya’ban ini sama sekali tidak ada larangan berpuasa. Yang dilarang puasa itu hanya pada hari Idul Fitri, Idul Adha dan hari-hari Tasyrik ( 11 — 13 Dzulhijjah ).

  47. Hamba Allah says:

    Terima Kasih Pencerahannya Uztad..:D

  48. pepen says:

    Assalamu’alaikum

    1. bagaimana jika kita bernazar tapi kita lupa..misal saya pernah bernazar puasa dan menginfakkan uang jika lulus ujian tapi setelah 7 tahun belum saya lakukan.Hingga suatu waktu saya ingat ada nazar yg blm dibayar tapi kita lupa bilangan puasanya (atau jumlah uangnya jika kita bernazar menginfakkan uang)..apakah kita harus puasa 3 hari atau cukup membayar kifarat?
    2. Jika kita puasa 3 hari,tapi ketika puasa kita ketiduran setelah sahur sehingga tidak shalat subuh, apakah saya harus mengulang puasa?

  49. phyton says:

    ustad, saya mau bertanya:
    dulu saya orangnya nakal, trus sekarang sudah mulai berubah. setelah saya ingat2, dulu saya punya nazar puasa banyak sekali dan saya lupa nazar apa saja itu dan sy juga lupa berapa jumlah nazar saya. bagaimana cara saya membayarnya?
    mohon bantuannya.
    terima kasih.

  50. Fika Nurul says:

    assalamu alaikum
    ustad saya mau bertanya,,,kalo kita mau melaksanakan nazar dalam bentuk puasa,,lalu kita dalam keadaan najis/belum mandi wajib…. apakah nazar kita sah ato tidak?

    thanks

  51. adam_persefi says:

    kalo kita ingin bernazar dan itu bertepatan pada bulan puasa apakah puasa nazar nya di satukan/setelah bulan puasa kita melakukan puasa nazar nya,,tetapi yang kita inginkan telah datang di bulan itu,,mohon infonya?

    —————————————————-

    Kita bisa bernazar dengan melakukan apa saja yang diridhai Allah SWT, bukan hanya puasa. Tapi bila ingin bernazar puasa jangan di bulan Ramadhan tapi pada hari-hari di bulan lain yang tidak terlarang puasa. Kita terlarang puasa pada Idul Fitri, Idul Adha, dan hari-hari Tasyrik ( 11 — 13 Dzulhijjah ).

  52. Robby says:

    sudah niat bernazar 6 hari tapi, itu sudah mau mendekati bulan puasa, tapi saya belum sempat untuk membayar nya, apakah saya nti sehabis ramdhan membyar nya 2 kali lipat menjadi 12 hari bgtu?

  53. Ass.Wr.Wb. pak ustad saya mau tanya, saya pernah nazar mau puasa pas pelulusan ketika SMP klu mendapat nilai terbaik,dan ternyata saya mendapat nilai terbaik waktu pelulusan SMP, namun sampai skrg saya belum melaksanakannya, pas ketika SMA saya sangat susah memahami mata pelajaran SMA sangat beda dengan ketika SMP yg sangat cepat menanggapi pelajaran….yang menjadi pertanyaan adalah apakah itu karena sya karena telah berbohong kepada ALLah SWT untuk melaksanakan puasa Nazar padahal saya tidak laksanakan ???

  54. okia says:

    Assalamu’alaikum…
    Ustadz, saya pernah mengucapkan hal seperti ini:
    “Saya bernazar, Saya hanya akan menikah bila sudah hafal surah Al-Baqarah”.
    apakah ucapan dan pernyataan itu termasuk bentuk nazar ya???
    soalnya nih ustadz, baru hafal setengah dari surah Al-baqarah saya sudah dilamar orang… dan untuk menyelesaikan setengahnya lagi sungguh sangat berat, karna waktunya yang kurang dari 1 bulan…
    saya takutnya, ucapan saya diatas tadi itu adalah bentuk kesombongan yang tidak saya sadari… padahal niat awal saya hanya ingin memotivasi diri sendiri untuk segera menghafal…
    gimana ya ustadz. jika pas di hari H nanti saya menikah, saya belum hafal seluruh isi surah Albaqarah…?

  55. Hendri says:

    Mau nanya…gimana kalau nazarnya tidak jelas redaksinya…misalnya Saya mau puasa senin kemis kalau lulus ujian…”senin kemis” di situ tidak ditentukan batas waktunya sampai kapan. Mungkin juga satu kali, dua kali atau lebih…atu juga semur hidup? Nah kalau melaksanakannya satu kali berarti boleh dong…karena tidak ditentukan batas waktunya?…Mohon pencerahan…Terimakasih sebelumnya Pak Ustad!!!

    ————————————

    Nazar merupakan janji kita kepada Allah untuk melakukan sesuatu yang baik, yang diridhai-Nya dengan syarat tertentu, misalnya kalau lulus ujian.

    Jinji itu kan harus dipenuhi dengan baik, apalagi kepada Allah. Jadi harus ditentukan sesuai dengan kemampuan kita, misalnya kalau lulus akan puasa sunnah Senin-Kamis selama bulan September tahun 2012 ini.

  56. Apabila saya niat puasa nazar, tetapi pada bulan syawal, bolehkah saya niat puasa nazar sekaligus puasa syawal (saya punya hutang puasa nazar 30 hari)

  57. aftaedyy says:

    Assalamualaikum Ustad.

    saya pernah bernazar untuk puasa jika saya lulus tahap seleksi pertukaran pelajar. Jika lulus tahap prtama sya bernazar 3 hari, begitupun jika sya lulus tahap 2 sya bernazar 3 hari. Dan jika sya lulus thap 3 lagi-lagi 3 hari. smntara jika lolos tahap 4, 1 hari. dan jika lolos seleksi ini ke Amerika 31 hari. dan skarang Allhamdulillah sya sdah smpai tahap 4. sya sedang menunggu pengumuman lagi. yg mnjadi pertanyaan itu adalah sya sudah berpuasa selama 9 hari karena sya telah lulus thap 1,2,3. tetapi sya pernah berpuasa di hari jumat, dan saya tidak tahu kalau itu diharamkan. bagaimana stad.? truss sya jga sadar kalau nazar ini terlalu berlebihan karena waktu saya mengucapkannya, niatnya bukan karena Allah tetapi karena ingin lulus. apakah sya tetap harus melanjutkannya?

    Terimah kasih sebelumnya Stad.

    Wassalamualaikum.

  58. arrozid says:

    assalamualaikum,
    saya mau tanya apa keuntungan dari bernazar??
    apakah dngan bernazar sesuatu yg kita minta akan terkabulkan??
    wassalamualaikum…

  59. shinta says:

    assalamualaikum…. Saya ingin bertanya, bagaimana bila kita bernazar ingin memberikan sesuatu kepada seseorang, namun orang tersebut yang dimaksud sudah tidak ada atau tidak ditemukan lagi…. (misal pengemis di jalan, orang minta2, pengamen, dsb..). Apakah bisa diganti dengan kaffarat.., memberi makan 10 orang miskin, pakaian, atau puasa 3 hari..? Terimakasih… Wassalamualaikum….

  60. Dede says:

    Pak ustad, kalow nadzar yg tidak sengaja atau keceplosan dan setelah sadar membantah nadzar tersebut, karena sebenarnya TIDAK ADA KEINGINAN untuk nazar, tu bagai mana ?

  61. kikyo says:

    Ass.wr.wb.Pak uztadz saya mau bertanya,,
    saya telah bernazar bila saya lulus bulan mei saya akan berpuasa 2 minggu berturut-turut, pada saat saya berpuasa sudah mendapat 4 secara berturut2 setelah yang kelima saya tidak mampu berpuasa karna badan saya lemes pusing2 sakit,,terus saya membatalkan puasa tersebut karna tidak enak badan,,, daripada saya ntr sakitnya tambah parah lebih baik saya membatalkannya,untuk minum obat,,, nah pertanyaan saya,, bisakah saya melanjutkan sisa puasa saya tersebut atau saya ulang mulai dari awal?
    terima kasih wassalamualaikum Wrb.

  62. Azhari says:

    apakah melaksanakan puasa nazar itu juga mndpt pahala ?
    sukron

  63. hamba bingung says:

    Assalamu’alaikum..misal kita ambil puasa yang 7 hari..tapi ketika hari ke 4 tiba2 ada pemikiran “wah jangan2 kemarin ak bernazar 10 hari”..bagaimana yang begini ustadz, apa yang harus saya lakukan?ambil yang 7 apa teruskan ke 10..(karena ada yang bilang ambillah bilangan yang terbanyak)trims

  64. wiwins says:

    assalamu’alaikum wr.wb
    saat ini saya sedang menjalankan puasa nadzar selama 1 minggu
    saya bernadzar puasa karena saya ingin mengganti sholat istigharoh saya. saat saya datang bulan ada tawaran kepada saya, yang cukup sulit menentukan pilihan. padahal tawaran itu btas waktunya 3 hari, sedangkan saya baru mendapatkan haid, dan haid saya biasanya 7-8 hari baru suci. kemudian saya bedo’a dan memohon petunjuk kepada Allah dengan berjanji bahwa sholat istikharoh saya ganti dengan puasa selama 1 minggu (yang saya lupa berturut-turut atau hanya 1 minggu saja), ini hari ke tiga saya puasa. tapi sedang batuk dan nafas sesak. tp saya teruskan berpuasa karena saya ingin teruskan selama 1 minggu (jika saya lupa nazar 1 minggu berturut-turut) karena kalau saya batalkan akan mengulanginya. sedangkan saya sering sekali menderita sesak nafas terutama saat kondisi tubuh saya lemah (seperti puasa).
    bagaimana sebaiknya. terima kasih….semoga Allah senantiasa memberikan rahmat bagi kita semua….amin
    wassalamu’alaikum wr.wb

  65. Ibrahim marsuni says:

    Bagaimana hukumnya apabila kita berniat puasa nazar selama 3 hari. .
    Apakah puasa nazar itu harus d lakukakan secara berturut-turut?

  66. Mutia says:

    Ustadz, saya puasa nadzar 9hari berturut2. Pada pertengahan nadzar saya datang blan sehingga harus dibatalkan dan puasa saya tinggal 4 hari. Pd saat sudah selesai datang blan,puasanya harus langsung dilanjutkan atau bisa ditunda dulu ya?? Terima kasih sebelumnya…

  67. gun kitink says:

    saya mau tanya,apakah nazar bisa menghalangi rejeki kita,,,,bila nazar itu belum di bayar,,,,,?

  68. mursalim says:

    Assalamu Alaikum ustad..nazar apa yg paling baik untuk menghadapi suatu masalah yg begitu sulit..trimakasih sebelumnya ustad

  69. Hilda says:

    Saya mau bertanya, apakah boleh membayar nazar itu diwakilkan?Misalnya saya berniat membantu saudara saya untuk membayar nazarnya berpuasa? Mohon dijawab, terima kasih :)

  70. ima says:

    assalamualaikum
    pak ustad, saya mau tanya. saya punya nadzar kalo lulus ujjian besoknya saya puasa 1 hari. tapi ternyata hari esoknya adalah jumat. kata orang tua saya sebaiknya ganti hari karena hari jumat itu hari raya pekan, saya jadi bingung ustad, mohon pencerahannya.

  71. Putrie says:

    Ma’f pak sya mau tnya ,sya pernah nazar stengah gj prtma mau sya sdeKah Kan.klau di tUnda bln dpan bleh tdak ?

  72. Putrie says:

    Ma’f pak sya mau tnya ,sya pernah nazar stengah gj sya sdeKah Kan .
    KLau d tUnda bLan dPan bLeh tdaK ?

  73. Putrie says:

    Ma’f pak sya mau tnya ,sya pernah nazar stengah gj sya sdeKah Kan .
    KLau d tUnda bLan dPan bLeh tdaK ?
    Trima kasih

  74. Aiiu rheztu says:

    Assalamualaikum
    pak sya mau tnya
    saya dlu pernah nazar puaza 2 hari ap bila kLuarga sya smbuh dri skt nya .sya nazar nya 3 tahun yg lalu .tpi baru byar skrang.itu jga bru 1 hri .d0sa apa tdak pak ,trus gmana dgan 1 hri nya lagi. Di trusin apa tidak ? ? ?
    Trima kasiH .

  75. norma says:

    bolehkah sy membayar nazar saya sblm saya tau bahwa doa sy telah terkabulkan…?

  76. Daku tertanya.. says:

    Assalamualaikum, saya ingin bertanya, saya bernazar untuk berpuasa selama seminggu, tetapi pada hari ketiga saya berpuasa, saya datang bulan, adakah saya perlu mengulanginya dari awal atau hanya menyambung lagi 4 hari? minta tolong menjawabnya.. terima kasih

  77. mastura says:

    Assalamualaikum ustaz, saya pernah bernazar sewaktu spm dulu untuk puasa selama seminggu setiap bulan. Jadi kalau bulan ramadhan dikira sekali untuk seminggu itu kan?atau saya perlu ganti seminggu yang bulan ramadhan itu ke bulan lain kerana bulan ramadhan sememang nya wajib berpuasa.

  78. syam says:

    ass…
    ustadz,,sy mau tanya,,,dulu sy pernah melakukan “hubungan fisik” dengan orang yang bukan muhrim sy,,terus sy bernazar,,sy akan puasa satu hari kalau tidak terjadi apa2 (hal yang tidak diinginkan) setelah sy melakukan “hubungan fisik” itu…
    tolong jawabannya ustadz…

  79. nasepuloh says:

    asalam’mualaikum wr.wb
    pa ustad saya bernazar waktu mau klulusan smp, bahwa saya akan berpuasa 3 hari dan nyemplung ke empang ,tpi bru nymplung ke empang yang saya lakukan . Di saat bersamaan saya bernazar ,kalau saya di terima di skolah di smkn 1 karawang saya akan puasa 3 hari, pertanyaan saya apakah nazar yang saya buat 2 stengah taun yang lalu akan berlipat ganda..?
    Kalau ia apakah bisa di ganti dngan misalnya sedekah kpada pakir miskin…
    Mohon d jawab pa ustadz
    trimakasih..
    Asalam’mualaikum

  80. ririn says:

    Assalamualaikum ustad

    Saya mau tanya
    Bolehkan bernazar untuk membayar hutang orang tua?
    Misalnya saya bernazar jika dapat pekerjaan yang lebih baik saya bernazar untuk membayar hutang org tua saya ke si fulan

    Mohon jawaban nya ustad

    Terima kasih

  81. arief says:

    asslmkum pa ustad..bisa kah nadazar kita d gantikan?saya pernah bernadzar akan brpuasa senin kamis selama setahun pnuh…tapi stelah d rasakan saya tidak sanggup, bisa kah nadzar saya d gantikan dengan sesuatu yang mudah seperti memberi makan orang miskin atau pun yang lainnya?

    terimaksih

  82. tia says:

    saya bernazar akan puasa selama 1 hari pada waktu yg saya tentukan, tetapi sy lupa, apakah boleh diganti pd hari lain?

  83. MOH. AINAL says:

    Assalamu alaikum ustad,
    saya mau tanya, apakah kalau kita bernazar, maka permintaan kita tersebut akan di kabulkan ?

  84. aprilia dewi pertiwi says:

    assalamualaikum,
    saya mau nanya bagaimana hukum puasa nadzar dengan waktu yang sudah saya tentukan.misal(setelah saya lulus ujian) akan tetapi saya melaksanakannya tidak setelah lulus ujian,jauh2 hari setelah saya lulus ujian,itu bagaimana ?
    tolomg penjelasannya

  85. annisa pratiwi says:

    assalamu’alaikum wr. wb.

    ustadz, saya mau tanya. saya sudah bernazar untuk puasa di tanggal tertentu (hari ulang tahun). tapi, tiba-tiba saya mendapat halangan (haid). bagaimana saya bisa membayar nazar saya? terima kasih, wassalam.

  86. asalamualaikum wr.wb
    saya mau bertanya,saya bernazar akan puasa satu hari kemudian saya laksanakan’a pada hari sabtu apakah boleh???

  87. Fakhri Nur says:

    ass.
    bagaimana bacaan niat puasa nadzar??

  88. ali haddad says:

    afwan ust mau tanya jg. Apakah puasa nazar boleh diganti dgn memberikan makan kpd 10 org miskin?

  89. wahyu says:

    assalamualaikum.. puasa nazar pada hari sabtu boleh atau tidak?

  90. Assalamualaikum :)
    ustad, andaikan keinginan saya belum terwujud, apakah saya harus mengulang kembali nazar itu?
    waalaikumsalam :)

  91. ilsi an says:

    Assalamualaikum
    Pak saya kan punya nazar kalo saya abis mastrubasi saya puasa 1 minggu. Maksud saya biar saya takut trus gak mastrubasi(onani) lagi. Tapi kenyataan.nya saya malah berkali” gt mungkin 1 tahun lebih bahkan 2 tahun mungkin saya akan berpuasa nazar.
    Kalau tidak mampu bagaimana cara membayarnya pak saya kepikiran trus
    Terimakasih
    Wasalamuallaikum

  92. Nisrina Fafa says:

    Assalamu’alaikum wr. wb.
    Saya ingin bertanya.. Apabila saya memiliki nazar puasa 1 minggu dan telah terkabul, namun saya tdk segera membayarnya karena sakit yg berkepanjangan dan sembuhnya baru 1 minggu sebelum puasa Ramadhan. Disamping itu saya masih memiliki hutang puasa Ramadhan 1 minggu yg belum saya penuhi. Jadi dgn waktu 1 minggu yg mepet itu saya hrs mendahulukan puasa yg mana dulu ? dan bgmn niatnya ? #Syukron…

  93. NN says:

    Ass.Wr.Wb. pak ustad saya mau tanya, saya pernah nazar mau puasa pas pelulusan ketika SMP klu mendapat nilai terbaik,dan ternyata saya mendapat nilai terbaik waktu pelulusan SMP, namun sampai skrg saya belum melaksanakannya, pas ketika SMA saya sangat susah memahami mata pelajaran SMA sangat beda dengan ketika SMP yg sangat cepat menanggapi pelajaran….yang menjadi pertanyaan adalah apakah itu karena sya karena telah berbohong kepada ALLah SWT untuk melaksanakan puasa Nazar padahal saya tidak laksanakan ???

    masalah saya hampir sama seperti diatas ustadz…
    apa benar kalo nazar tidak dipenuhi bisa kejadian seperti ini?

  94. iqbal says:

    Assalamu’alaikum wr. wb.
    ustad mau nnya, gimana kalau . kita nazar teteapi bayar nya setengah-setengah. contohnya seperti ini, kita berniat nazar untuk membayar sedekah Rp.10.000 , tetapi, kita mau bayar. dan keadaan uang di kantong cmn Rp.5000, tetapi bsok hrinya , kita bayar Rp.5000. boleg gak , sprti itu. jadi intinya setengah-setengah. TerimaKasih

  95. Dina Alfila says:

    pak ustadz saya mau memabayar puasa nazar di hari sabtu boleh gak?

  96. anggi aprilia says:

    Ustad sy mau tax.. Sy punya nadzar sbyk 9, namun, sampe skrg sy blum bayar, krn terkendala oleh byk hal, pertanyaan sy, bisakah nadzar puasa yg terlanjur sy ucapkn kemudian sy ganti dgn kafarat misalnya memberi makan fakir miskin?

  97. nopik says:

    assalammualaikum

    pak ustad saya mau tanya
    teman saya pernah bernazar akan puasa selamannya jika mengejek orang tua saya lagi dan akhir nya teman saya mengejek orang tua saya apakah itu wajib menjalankan nazar nya?

  98. putri emnuryani says:

    assalamu’alaikum pak ustadz,
    sy mau tanya waktu smp sy bernazar jika saya lulus smp saya akan puasa senin kamis selama 2 minngu, tetapi hingga skrng saya lulus sma tidak kunjung selesai nazarnya, apakah skrng boleh saya bayar?
    dan saya ingin menambah nazar sy unk mewakafkan uang gaji sy nanti jika saya di teriam dlm perekrutan suatu bank, namun sy gagal dlm perekrutan itu, apakah sy juga harus menjalankan nazar itu??
    terimakasih pak ustadz, Wassalam…
    tolong di balas pak

  99. merlyanda saputri says:

    Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatu..
    Pak Ustadz sy mau tanya,, kalau kita nazarnya untuk seseorang bagaimana hukumnya,,, misalnya :
    “kalau anak sy lulus ujian nasional sy akan bernazar, puasa 3 hari berturut-turut”
    terimakasih pak ustadz, Wassalam…

  100. Rino Aprinsyah says:

    Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatu..
    Pak Ustadz saya mau tanya.
    kemaren sebelum saya ujian masuk perguruan tinggi negeri, jika saya masuk, saya berjanji (saya gak ingat janji atau nazar) bahwa saya akan rajin sholat tarawih ke mesjid(kebetulan ini bulan ramadhan 2013). Nah saya lulus, tapi saya tidak melaksanakan nazar saya, saya hanya melakukan solat tarawih dirumah tanpa ke mesjid. padahal sya tau harus ke mesjid, tapi saya malas dan membiarkannya saja. bagaimana itu hukumnya ustad? apakah saya bisa mengganti nazar saya di ramadhan tahun depan? nah rencana saya, saya akan ikut lagi test penerimaan perguruan tinggi negeri tahun depan lagi. apakah itu berpengaruh? apakah saya akan gagal karena tidak melakukan janji itu? terimakasih pak ustad. Wassalam!

  101. venia says:

    assalamualaikum ustad
    saya pernah nazar tapi saya lupa apa yang dulu saya nazarkan?
    apa yang harus saya lakukan??

  102. a ang says:

    assalamualikum pak ustz, saya mau bertanya. saya pernah berniat untuk berpuasa nazar jika dikabulkan, sesuai permintaan. ternyata doa saya terkabul. tapi saya lupa jumlah bilangan nazar yang saya nazarkan brpa hari. jadi untuk masalah ini gimana pak ustz??

  103. Hamba Allah says:

    Assalamualaikum ustaz, saya ada beberapa kemusykilan berkaitan dengan nazar saya. Pada tahun yang lalu, saya telah bernazar kepada Allah untuk menunaikan puasa sunat dan mengkhatamkan alquran sekiranya hajat saya diperkenankan oleh Allah. Dan alhamdullilah hajat saya itu diperkenankan olehNya. Tapi masalahnya, saya masih belum menunaikan janji janji saya terhadap Allah. Berdosakah saya, ustaz? Bagaimana caranya untuk saya tebus dosa dosa saya ini. Saya malu kepada Allah S.W.T. Saya malu sangat.. Dan adakah nazar saya yang baharu diterima oleh Allah sekiranya nazar nazar saya itu masih saya belum tunaikan sehingga sekarang? Mohon diberikan penjelasan ya ustaz. Terima kasih. Assalamualaikum..

  104. sella says:

    Assalammualaikum wr.wb

    Bolehkan puasa nazar hanya 1 hari ?
    Begini saya berjanji jika saya lulus dengan nilai yang baik saya akan berpuasa selama 1 hari ?

    Apakah diperbolehkan ? Mohon jawabannya
    Terima kasih
    Wassalammualaikum wr.wb

  105. wana says:

    Assalamu alaikum wr.wb
    begini sy telh bernazar untu puasa..tp ternyta setlh mencoba menunaiknx sy tdk sanggup krn msalah kesehatan..apakh ada jalan lain untuk sy menunaikn nazar tersebut selain puasa?
    Mohon penjelasannya…Terima kasih
    wassalamu alikum wr.wb

  106. rinasyach says:

    USTAD BILA SAYA BERNAZAR PUASA BISA KAH SAYA GANTI PUASA SAYA DENGAN BERSEDEKAH ?

  107. sucinandani says:

    assalamu alaikum pak ustad cara melakukan nazar agar saya cepat hamil gemana ya

  108. M.Abit Sahulatar says:

    Assalamu’alaikum ustadz

  109. mohammad farhan says:

    Apakah kita boleh mengganti puasa nadzar pada hari lain , misalnya saya niat puasa dihari rabu tanggal sekian , sedangkan saya waktu sakit dan sedang Ulangan trus saya niat puasa nadzar pada hari rabu tanggal sekian , apakah saya boleh mengganti puasa dihari lain ?

  110. ariefdpr says:

    assalamualaikum ,,saya mau nanya ! saya ada nazar berpuasa utk mendapatkan sesuatu,,jadi niat saya hanya melakukan puasa selama 1 minggu ! yang saya tanyakan apakah puasa itu dibayar secara berturut-turut atau apa boleh dilakukan secara bergantian?terima kasih ,,wassalam

  111. alam says:

    assalamualaikum wr.wb
    ustas saya mau nanya apakah boleh jika saat berpuasa nazar terus saya tidak buka puasa apakah boleh tidak berbuka

  112. indri fatmawati says:

    Assalammu’alaikum Wr. Wb.
    ustad mau tanya , misal aku mau puasa nadzar jika aku lulus nanti dan dpet nilai yang diharapkan aku mau puasa nadzar 2 hari yaitu senin dan kamis . tapi enggak di tentuin senin kamis nya kapn ? gmana boleh enggak ? tolong ustadz jwab sgeraa ..

  113. Assalammu’alaikum Wr. Wb.
    Ustadz saya mau tanya, saya pernah berkata dalam hati jika mertua saya baik saya akan berpuasa selama sebulan. apakah itu nazar? jika ya, apakah bisa saya mencicil puasanya. dan jika tidak sanggup puasa saya harus bagaimana. mohon pencerahannya ustadz…terimakasih

  114. Lily Arisma says:

    Assalamualaikum ustad,
    saya mau tanya, ketika saya mau UN SMA, saya prnah bernazar puasa slma 3 hri tpi wktu nya tdk ditentukan, Dan blm saya byar smpai skrg. trus ketika UN SMP saya juga bernazar puasa 3 hari. dan bahkan skrg saya sudah kuliah ustad. pertanyaan saya apa masih bsa saya membayar nazar saya, mengingat saya sudah mengabaikan nya begitu lama? terima kasih. tlng dijawab ea ustad.
    Walaikumsalam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s