Hukum Menyentuh Anjing


Oleh : Ustadz Bachtiar Nasir

Ustadz, bagaimana hukumnya memegang anjing yang dalam keadaan basah? Berdasarkan mazhab yang saya baca, ada yang menajiskan semua badannya, namun ada yang hanya menajiskan liurnya. Mohon penjelasan, terima kasih.

Lucky Hakim

Jawaban :

Ulama fikih berbeda pendapat tentang kenajisan anjing. Para ulama Syafi’iyah dan Hanabilah menyatakan, tubuh anjing itu najis ( najas al’ayn). Sedangkan, ulama Hanafiyah berpendapat, tubuh anjing tidak najis (bukan najas al’ayn). Yang najis adalah bekas mulutnya / liurnya ( su’ruhu) dan yang basah dari badannya ( ruthubatuhu). Adapun ulama Malikiyah menyatakan, tubuh anjing secara keseluruhan tidak ada najis ( thahirul ‘ayn).

Sementara itu, ada dua pendapat mengenai hukum rambut (bulu) anjing (baik dalam keadaan hidup atau mati). Ulama Malikiyah dan Hanafiyah berpendapat, suci atau tidak bernajis. Sedangkan, menurut ulama Syafi’iyah dan Hanabilah, hukumnya adalah najis. (Mawsu’ah Fiqhiyah Quwaitiyah).

Wallahu a’lam bish-shawab.

Sumber : Konsultasi Agama, Republika, Rabu,  16 Maret  2011 / 11 Rabiul Akhir 1432

ΩΩΩ

Entri Terkait :

About these ads

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Bachtiar Nasir, Fiqih and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Hukum Menyentuh Anjing

  1. xaviera says:

    Salamun Alaikum

    Saya cuman sharing bahwa di Dalam AlQuran tidak di katakan bahwa Anjing itu Najis, justru Anjing itu di ciptakan Allah untuk membantu.

    [QS 5:4] Mereka menanyai kamu mengenai apa yang dihalalkan bagi mereka katakanlah yang dihalalkan bagi kamu benda yang baik dan apa yang kamu ajari daripada spesiis menangkap mangsa seperti anjing kamu melatihnya dari apa mengajar kamu, maka makanlah daripada apa ia (anjing) tangkap untuk kamu dan ingatlah nama Tuhan atasnya.

    Yang mana mau di ikutin AlQuran atau kitab lain….?

    “Apa, tidakkah mereka merenungkan al-Qur’an? Jika ia daripada selain Allah, tentu mereka mendapati di dalamnya banyak perselisihan.” (QS 4:82)

    “Ini adalah ayat-ayat Allah Kami membacakan kamu dengan benar, dan sesungguhnya kamu adalah daripada para utusan.” (2:252)

    “Maka dengan hadis apakah sesudah AlQuran ini yang mereka akan mempercayai?” (QS 7:185 & 77:50)

    Apakah Nabi muhammad mengerjakan yang lain atau mengajarin selain Allah perintahkan…?

    Apa Nabi kita ini berani membuat ajaran lain selain Allah berikan Alquran ke baginda..?

    Pengakuan Nabi Muhammad kita pada ayat berikut:
    “Dan apabila ayat-ayat Kami dibacakan kepada mereka, bukti-bukti yang jelas, orang-orang yang tidak mengharapkan untuk bertemu dengan Kami berkata, ‘Datangkanlah Qur’an selain yang ini, atau tukarlah ia.’ Katakanlah (Muhammad), ‘Tidak patut bagiku untuk menukarkannya dengan kemahuan diriku sendiri. Aku tidak mengikuti apa-apa, melainkan apa yang diwahyukan kepadaku. Sesungguhnya aku takut, jika aku mengingkari Pemeliharaku (Tuhanku), akan azab hari yang besar,’” (QS 10:15).

    Ayat untuk Nabi Muhammad SAW kita yang di tegur Allah sendiri ke dia

    “Sekiranya Muhammad mengada-adakan terhadap Kami sembarang ucapan selain AlQuran, tentu Allah sendiri yang akan memotong urat jantungnya….(QS 69:43-46)

    Apa Nabi kita ini berani membuat ajaran lain selain Allah berikan Alquran ke baginda..?

    ———————————————–

    Wa’alaikumussalam,

    Terima kasih banyak atas masukannya. Memang jawaban di atas hanya terbatas pendapat para ulama saja. Oleh karena itu, selalu diusahakan agar bisa disajikan di sini pendapat ulama lain tentang permasalahan yang sama. Dengan demikian bisa lebih memperluas pemahaman para pembaca.

    Sekali lagi, terima kasih banyak atas sharing Anda.

    Salam

  2. Eka veronika says:

    Assallamualaikum. saya mau tanya. apakah menyentuh anjing itu haram atau najis dan apa hukum serta cara mwnsucikanya. karena pada saat itu saya melihat anjing yang lucu ditaman. dan berfoto serta menyentuh punggung nya. terima kasih. wassallam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s