Hukum Makan Kodok


Oleh : Ustadz Bachtiar Nasir

Ustadz, bagaimana hukumnya memakan kodok atau hewan lainnya yang hidup di dua alam?  Mohon penjelasan, terima kasih.

Apriadi, Jakarta

Jawaban :

Sebagian besar ulama ( jumhur ) mengharamkan makan kodok, kecuali Imam Malik. Dalil jumhur adalah hadis dari Abdurrahman bin Utsman al-Quraisy bahwa seorang tabib (dokter) bertanya kepada Rasulullah SAW tentang kodok yang dipergunakan dalam campuran obat, maka Rasulullah SAW melarang membunuhnya. ( HR Ahmad, Abu Daud, dan an-Nasa’i ).

Keharaman makan kodok bukan karena haram memakan dagingnya, tetapi karena dilarang membunuhnya. Larangan membunuh dalam hadis di atas bagi jumhur berarti larangan memakan dagingnya.

Mengenai hukum makan hewan yang hidup di dua alam, Mazhab Syafi’i berpendapat tentang keharaman hewan yang hidup di dua alam. Namun, Imam Nawawi dalam kitab Majmu’ Syarh Muhadzdzab membolehkan memakan hewan yang hidup di darat dan di laut, begitu pula Khatib Al-Baghdadi dan Al-Haytsami, kecuali kodok, buaya, dan ular.

Sayyid Sabiq dalam kitabnya Fikih Sunnah mengutip pendapat Ibnu Arabi mengatakan, “Yang benar hewan yang hidup di dua alam ( darat dan laut ) tidak boleh dimakan karena terjadinya pertentangan antara dua dalil, yaitu dalil yang menghalalkan dan dalil yang mengharamkan. Kita menangkan yang mengharamkan karena demi kehati-hatian dan menjaga diri.”

Wallahu a’lam bish-shawab.

Sumber : Konsultasi Agama, Republika, Rabu , 9 Maret  2011 /  4 Rabiul Akhir 1432

ΩΩΩ

Entri Terakhir :

About these ads

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Bachtiar Nasir, Fiqih and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s