Bacaan Shalat


Oleh : Ustadz Bachtiar Nasir

Ustadz Bachtiar, saat shalat, bolehkah kita membaca bacaan selain bacaan shalat? Jika tiba-tiba menguap saat shalat, bolehkah membaca astaghfirullah al-adzim? Mohon penjelasan, terima kasih.

Arifin, Bandung

Jawaban :

Dalam shalat, ada bacaan yang wajib dibaca, misalnya, doa tasyahud akhir, dan ada juga bacaan yang sunah, misalnya, doa ketika sujud. Jika bacaan wajib, harus dengan bacaan yang ma’tsur ( doa yang diajarkan Nabi ), sedangkan pada bacaan tidak wajib, boleh dengan doa kita sendiri asalkan menggunakan bahasa Arab supaya tidak menyerupai percakapan yang dilakukan di dalam shalat. Namun, jika dibaca di dalam hati, boleh berdoa dengan bahasa selain Arab.

Dalil dari keterangan di atas adalah sabda Rasulullah SAW setelah menerangkan doa tasyahud yang artinya, “Kemudian berdoalah dengan doa yang kamu sukai.” ( HR Bukhari No 835, Muslim No 927 ), juga hadis Rasulullah yang artinya, “Hubungan terdekat antara hamba dengan Rabbnya adalah ketika dia sujud, maka perbanyaklah doa ( ketika sujud ).”  ( HR Muslim No 1111 ).

Bacaan di dalam shalat yang paling afdal adalah bacaan yang sudah diajarkan oleh Nabi SAW. Ini mengutip pendapat Imam Nawawi / Asy-Syafi’i dalam kitab Almajmu’ syarh Muhadzdzab.

Adapun membaca istigfar di dalam shalat ketika menguap walau tindakan dan bacaannya tidak tepat, seperti keterangan di atas, tidak membatalkan shalat. Sebab, hal itu termasuk doa, tapi lebih baik dengan menutup mulut ketika menguap dan tanpa membaca istigfar ketika shalat. Wallahu a’lam bish-shawab.

Sumber : Konsultasi Agama, Republika, Selasa,  29 Maret  2011 / 24 Rabiul Akhir 1432

 ΩΩΩ

 Entri Terakhir :

About these ads

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Bachtiar Nasir, Fiqih, Shalat and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s