Waktu Shalat Malam


Oleh : Ustadz Bachtiar Nasir

Ustadz, saya punya beberapa pertanyaan:

  1. Disebutkan bahwa shalat malam itu waktunya pada tengah malam atau dua pertiga malam terakhir. Jika sekarang ini waktu Subuh sekitar 04.25 WIB, maka tengah malam atau dua pertiga malam itu kira-kira jam berapa?
  2. Jika sehabis shalat fardhu atau shalat sunah, kita membaca beberapa surah dalam Al-Quran yang kebetulan kita hafal seperti Juz Amma’, surah Yasin, atau al-Waqi’ah, apakah itu termasuk amalan / tuntunan sebagaimana kita dianjurkan untuk sering membaca Al-Quran? Mohon penjelasan, terima kasih.

Budiman,
Rawamangun, Jakarta Timur

Jawaban :

Yang utama shalat Tahajjud adalah di waktu pertengahan akhir malam. Sebagaimana     diriwayatkan Amr bin Absah, aku bertanya, “Ya Rasulullah, bagian mana di malam hari yang paling didengarkan?” Rasulullah bersabda, “Pertengahan akhir malam, shalatlah sekehendakmu.” ( HR Abu Dawud dan Tirmidzi ).

Jika membagi malam dengan dua bagian, yang satu untuk tidur dan yang satu lagi untuk shalat, maka menempatkan waktu shalat di akhir malam tentu lebih baik, sebagaimana yang diriwayatkan Abu Hurairah RA. Rasulullah SAW bersabda, “Allah tabaraka wata’ala turun di setiap malam ke langit dunia hingga di sepertiga akhir malam lalu berfirman, ‘Barang siapa berdoa kepada-Ku maka akan Aku kabulkan, dan barang siapa meminta maka akan Aku berikan, dan barang siapa memohon ampun akan Aku ampuni.’’  ( Muttafaq ‘alaih ).

Menurut Mazhab Hanafi dan Syafi’i, barang siapa yang membagi malamnya menjadi tiga bagian, sepertiga untuk shalat dan dua pertiganya untuk tidur, maka yang utama adalah menem patkan shalat di sepertiga yang tengah, ketimbang sepertiga yang awal atau yang akhir. Sebab, kebanyakan orang lalai di waktu itu, dan beribadah jauh lebih baik, serta sedikit pula orang yang shalat pada waktu tersebut. Sedangkan menurut Mazhab Maliki, shalat di sepertiga akhir malam lebih baik bagi yang terbiasa bangun pada waktu itu, sedangkan yang kesulitan sebaiknya di sepertiga awal sebagai bentuk kehati-hatian.

Membaca Al-Quran setiap usai shalat adalah amalan yang baik, namun akan lebih baik lagi jika tilawah Al-Quran di pertengahan siang atau di pertengahan malam, bahkan mudawamah ( memperbanyak ) membaca Al-Quran jauh lebih baik lagi.

Wallahu a’lam bish-shawab.

Sumber : Konsultasi Agama, Republika, Jumat, 18 Februari  2011 / 15 Rabiul Awal 1432

ΩΩΩ

Entri Terakhir :

About these ads

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Bachtiar Nasir, Fiqih, Shalat and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Waktu Shalat Malam

  1. reza says:

    blog anda bagus>>>

    saya ajungi jempol!!!!

    dan saya hanya sekedar mampir ya sekalian blogwalking!!!

    jika bernit liat blog saya kunjungin balik jja!!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s