Pembagian Waris dan Wasiat kepada Ahli Waris


Oleh : KH Didin Hafidhuddin

Hukum waris berlaku apabila orang tua kita meninggal dunia dengan meninggalkan harta. Tetapi bagaimana harta yang diwasiatkan bahwa bagian anak A ( perempuan ) lebih besar dari B ( laki-laki ). Dan apakah zakat yang dikeluarkan berdasarkan pembagian waris atau wasiat ?

Ranti, Pancoran, Jakarta

Jawaban :

Pada dasarnya ketentuan waris sudah ditetapkan di dalam Al-Quran dan Sunnah secara qath’i atau pasti. Untuk anak perempuan bagiannya adalah separuh dari bagian anak laki-laki, seperti dikemukakan dalam QS. An-Nisa [ 4 ] : 11. Anak perempuan boleh mendapatkan lebih dengan cacatan semata-mata pemberian yang ikhlas dari saudaranya yang laki-laki tersebut setelah kewarisan dibagikan sesuai dengan syariah Islamiyah.

Wasiat tidak boleh diberikan kepada ahli waris, sebagaimana dikemukakan dalam sebuah hadis riwayat Imam Lima, selain Imam Nasa’i dari Abi Umamah, ia berkata : “Aku telah mendengar Rasulullah SAW bersabda : Sesungguhnya Allah telah menentukan bagian yang pasti bagi setiap ahli waris”.

Adapun zakatnya adalah dari setiap harta yang diterimanya apabila telah memenuhi ketentuan berzakat. Misalnya sebidang tanah yang ditanami, maka dikeluarkan zakatnya pada saat panen sebesar 5 %. Demikian pula jika sejumlah uang yang diterimanya misalnya Rp. 100 juta, keluarkanlah zakatnya minimal 2,5 %. ■

Sumber : Konsultasi Zakat, Republika, Kamis, 7 November 2002 / 2 Ramadhan 1423

Judul asli : Pembagian Waris

Gambar : antaranews.com

ΩΩΩ

Entri Terakhir :

About these ads

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Didin Hafidhuddin, Waris and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s