Baju Bertulis Ayat Al-Quran


Oleh : Ustadz Bachtiar Nasir

Ustadz, bagaimana hukumnya mengenakan pakaian yang ada tulisan Al-Qurannya?
Terima kasih atas penjelasannya.

Didin Sahidin
Pondok Kopi, Jakarta

Jawaban :

Ayat-ayat Al-Quran adalah firman suci dan mulia Allah SWT, sepantasnyalah ditulis pada bahan yang memuliakan ayat-ayat itu dan ditempatkan pada tempat yang memuliakan-Nya pula. Pada masa Rasulullah SAW, media penulisan yang digunakan untuk menuliskan ayat-ayat Al-Quran berupa pelepah kurma, lempengan batu, daun lontar, kulit kayu atau daun, pelana, potongan tulang-belulang binatang, lalu semua itu ditempatkan pada tempat yang memuliakan isinya dan tidak digunakan untuk kepentingan yang dapat mencederai kemuliaan ayat-ayat Allah itu.

Para sahabat tidak menjadikan pelana unta yang bertuliskan ayat Al-Quran untuk jok kendaraan mereka, begitu juga pelepah kurma tidak digunakan untuk atap karena telah bertuliskan ayat, juga tidak menjadikan tulang sebagai hiasan dinding rumah.

Seorang Mukmin dianjurkan untuk memperindah adabnya terhadap ayat-ayat Allah, begitu pula ketika berinteraksi dengannya. Secara terinci tentang adab ini dapat dibaca dalam kitab At-Tibyan Fii Aadaab Hamalatil Qur’an atau pada kitab klasik lainnya.

Karena itu, pakaian yang bertuliskan kaligrafi ayat-ayat Al-Quran, sebaiknya dihindari, apalagi jika pakaian ini digunakan sehari-hari dan berulang-ulang.

Wallahu a’lam bish-shawab.

Sumber : Konsultasi Agama, Republika, Sabtu 29 Januari 2011 / 24 Shafar 1432

ΩΩΩ

Entri Terakhir :

About these ads

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Al-Quran, Bachtiar Nasir and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s