Hikmah dan Makna Wakaf


Oleh : KH Didin Hafidhuddin

Bagaimana pengertian wakaf uang dan manfaat apa yang terkandung di dalamnya ? Mohon penjelasannya .

Hamba Allah, 08131478xxxx

Jawaban :

Pembahasan  ulama tentang wakaf sesungguhnya telah cukup maju. Banyak gagasan yang mereka kemukakan sudah mengantisipasi perkembangan zaman. Ulama madzhab Maliki, misalnya, membolehkan mewakafkan manfaat hewan untuk dipergunakan dan membolehkan mewakafkan uang.

Ulama madzhab Syafi’i dan madzhab Hanbali berpendapat bahwa baik harta bergerak, seperti mobil dan hewan, maupun harta tidak bergerak seperti rumah dan tanaman, boleh diwakafkan ( Menteri Agama RI, pada pembukaan Workshop Wakaf Produktif, Batam, 2002 ).

Beberapa ulama terdahulu, seperti Az-Zuhri ( wafat tahun 124 H ) berpendapat bahwa boleh mewakafkan dinar dan dirham. Caranya menjadikan dinar dan dirham tersebut sebagai modal usaha ( dagang ), kemudian menyalurkan keuntungannnya sebagai wakaf.

Menurut madzhab Hanafi ( Wahbah Al-Zuhaily, 1997 ) bahwa uang yang diwakafkan dijadikan modal usaha dengan sistem mudharabah atau sistem bagi hasil lainnya. Keuntungan dari bagi hasil diberikan untuk kepentingan umum.

Meskipun beberapa ulama yang tidak menyetujui wakaf tunai dengan uang, seperti Ali Abidin ( Anwar Ibrahim, 2002 ), kami berpendapat bahwa wakaf tersebut dibenarkan secara syariah, dengan catatan uang tersebut tetap terjaga dan terpelihara, misalnya disimpan di lembaga keuangan yang amanah dan profesional.■

Sumber : Konsultasi Zakat,Infaq dan Shadaqah ( ZIS ), Republika, Sabtu, 7 Oktober 2006  / 14 Ramadhan 1427

Gambar : http://pbb-jatim.blogspot.com

ΩΩΩ

Entri Terakhir :

About these ads

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Didin Hafidhuddin, Fiqih and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s