Mengucap Sayyidina dalam Shalat


Oleh : Ustadz Bachtiar Nasir

Bolehkah mengucap sayyidina dalam shalat saat duduk tasyahud awal atau tasyahud akhir yang ditujukan untuk Nabi Muhammad SAW maupun Nabi Ibrahim AS ?

Saya bingung, ada yang menyatakan bid’ah karena tidak diajarkan Rasulullah, tapi sebagian lagi menyatakan tidak mengapa karena itu bentuk penghormatan ( Muhammad Kusairi , Cibinong, Bogor ).

Jawaban :

Kata sayyidina dapat berarti tuan, junjungan, atau Yang Mulia, yang biasa digunakan untuk menghormati atau memuliakan seseorang, juga kepada Nabi Muhammad SAW dan Nabi Ibrahim AS.

Tak dapat dimungkiri, Nabi Muhammad SAW adalah sayyid ( mulia, terhormat, dan junjungan ) di mata kita semua. Bahkan, beliau menyebutkan itu sebagaimana terlihat dalam hadis berikut.

Abu Hurairah berkata, Rasulullah bersabda, “Aku adalah sayyid anak Adam pada hari kiamat kelak. Aku adalah orang yang muncul lebih dahulu dari kuburan. Aku adalah orang yang paling dahulu memberi syafaat. Dan, aku adalah orang yang paling dahulu dibenarkan memberi syafaat”.  ( HR Muslim 4223 ).

Shalat adalah jenis ibadah mahdhah ( an sich )  yang bersifat taufiki ( tak boleh ditambah dan dikurangi ). Tata caranya harus murni mencontoh sunah seperti apa adanya.

Sebaik-baik penghormatan kepada nabi adalah dengan menaati sunah-sunahnya seperti yang beliau ajarkan. Sebagaimana azan dan iqamah, kita tidak menambahkan kata sayyidina seperti disyariatkan Rasulullah.

Mengucapkan sayyidina saat shalat di depan nama Muhammad SAW dan Ibrahim AS tidak dicontohkan Rasulullah dalam syariatnya. Karena itu, tidak perlu menambahkan lafal tersebut di dalam shalat. Namun, jika ingin menghormati Rasulullah dengan menambahkan lafal sayyidina di depan nama Muhammad SAW dan Ibrahim AS di luar shalat, hal itu dibolehkan.

Namun, berlebihan jika mengucapkan kata sayyidina dianggap bid’ah dan merusak shalat, walau yang terbaik adalah tanpa melafalkan sayyidina karena tidak ada dalil yang kuat.

Imam Syafi’i adalah orang yang sangat menghormati dan memuliakan Nabi Muhammad SAW. Namun dalam mukadimah kitabnya, beliau tidak menambahkan lafal shalawatnya dengan kata sayyidina

Sumber : Konsultasi Agama, Republika, Rabu, 12 Januari 2011 / 7 Shafar 1432

ΩΩΩ

Entri Terkait :

About these ads

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Bachtiar Nasir, Shalat and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Mengucap Sayyidina dalam Shalat

  1. nusetendo says:

    ini jawaban yang tepat bagi yang meragukan bacaan sayyidina dalam tsyahud shalat kita, bagi orang orang ahlussunnah hal ini tidak menjadi masalah, sebagai bentuk penghormatan kepada Nabi yang mulia.

    ——————————

    Setiap Muslim dan Mukmin berkewajiban menghormati Nabi dan Rasulnya, tapi cara mengekspresikannya yang mungkin sedikit berbeda. Karena itu, blog ini berusaha untuk menyajikan berbagai pendapat.

    Untuk itulah tanggapan dari Ustadz sangat berharga.
    Terima kasih sudah berbagi di sini.

  2. Abdul Aziz says:

    Perbedaan pendapat ini berawal dari ketentuan bahwa shalat kita itu harus mengikuti apa yang dicontohkan Rasulullah SAW, sementara sebagian Muslim ada yang tetap ingin menujukkan rasa hormatnya walaupun dalam shalat, dengan membaca sayyidina.

    Hal ini tergantung kepada kita , apakah mau shalat mengikuti yang dicontohkan Nabi SAW atau tidak. Padahal dengan shalat kita telah menunjukkan rasa hormat, karena telah menaati ajaran beliau.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s